Breaking News:

HASIL LENGKAP Survei Nilai Rapor Kinerja Jokowi yang Cemerlang & Memburuk Jelang Pelantikan Presiden

Menurut hasil survei, inilah skor-skor nilai kinerja Jokowi yang cemerlang dan memburuk jelang pelantikan presiden 20 Oktober 2019.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) dalam acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Silaturahmi itu juga merupakan ajang perpisahan presiden, wakil presiden serta para menteri kabinet kerja yang telah bekerja sama selama lima tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Menurut hasil survei, inilah skor-skor nilai kinerja Jokowi yang cemerlang dan memburuk jelang pelantikan presiden 20 Oktober 2019. 

Inilah nilai-nilai kinerja yang memuaskan, dan berikut nilai-nilai yang kurang memuaskan. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM, JAKARTA - Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja politik dan keamanan pada tahun terakhir periode pertama Presiden Joko Widodo menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Bahkan, bisa dibilang bahwa kepuasan atas kinerja politik dan keamanan per Oktober 2019 paling rendah dalam lima tahun terakhir.

Hasil survei Litbang Kompas yang dipublikasikan Jumat (18/10/2019) menunjukkan, 64,3 persen responden menyatakan puas.

Sinyal PDIP, Peluang Rismaharini Jadi Menteri Menguat, Cocoknya Menteri Apa? Ini Kata Denny Siregar

Angkanya memang lebih tanggi dari survei yang dipublikasikan pada Maret 2019 yakni 62,1 persen responden yang merasa puas.

Presiden Jokowi dan tokoh-tokoh yang meramaikan bursa calon menteri baru Kabinet Kerja 2, termasuk Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.
Presiden Jokowi dan tokoh-tokoh yang meramaikan bursa calon menteri baru Kabinet Kerja 2, termasuk Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. (Kolase TribunNewsmaker.com / dokumentasi)

Menurut Deputi Direktur Riset Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) Wahyudi Djafar, hal ini lebih banyak terjadi karena tensi politik yang menurun setelah Pemilu 2019.

Namun, dari tren lima tahun, tingkat kepuasan itu tergerus.

Dikutip dari Harian Kompas, ada poin yang diukur dalam hal kinerja politik dan keamanan.

Pertama, dalam membangun sikap menghargai perbedaan.

Bocoran Lengkap Kabinet Baru Jokowi - Maruf, Siapa dari Gerindra, Asal Papua, dan Kementerian Baru

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved