Sosok Ruhana Kuddus Sepupu H Agus Salim, Jurnalis Perempuan Pertama yang Kini Jadi Pahlawan Nasional

Inilah sosok Ruhana Kuddus, jurnalis perempuan pertama yang kini resmi dijadikan Pahlawan Indonesia.

Sosok Ruhana Kuddus Sepupu H Agus Salim, Jurnalis Perempuan Pertama yang Kini Jadi Pahlawan Nasional
(Dok. Wikipedia)
Ruhana Kuddus, jurnalis perempuan pertama, jadi pahlawan nasional asal Sumbar. Penghargaan untuk Ruhana diserahkan di Istana Negara Jakarta pada Jumat (8/11/2019). 

Inilah sosok Ruhana Kuddus, jurnalis perempuan pertama yang kini resmi dijadikan Pahlawan Indonesia, ternyata masih dari keluarga pahlawan dan sepupu H Agus Salim.

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Jurnalis perempuan pertama di Indonesia, Ruhana Kuddus ditetapkan sebagai pahlawan nasional tahun ini.

Penetapan wanita asal Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat itu berdasarkan putuskan pertemuan antara Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dengan Presiden Joko Widodo, Rabu (6/11/2019).

"Alhamdulillah kita sudah menerima surat undangan dari Kementerian Sosial tentang acara penganugerahan gelar pahlawan nasional Ruhana Kuddus," kata Kepala Dinas Sosial Sumbar, Jumaidi yang dihubungi Kompas.com, Kamis (7/11/2019).

Menurut Jumaidi dalam surat Kementerian Sosial tertanggal 7 November 2019 yang ditandatangani Direktur Jenderal Pemberdayaan Pepen Nazaruddin itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno diminta hadir di Istana Negara untuk menghadiri acara penganugerahan tersebut di Istana Negara Jakarta, pada Jumat (8/11/2019). 

KISAH Viral Pria, Sedih Sekaligus Terketuk Hatinya, Ketemu Teman Sekolah yang Kini Pasien RS Jiwa

 

Ruhana Kuddus
Ruhana Kuddus (Wikipedia)

"Gubernur diminta hadir dalam acara penganugerahan tanda pahlawan nasional Ruhana Kuddus," kata Jumaidi.

Sebelumnya pada tahun 2018 lalu, Ruhana Kuddus juga diusulkan menjadi pahlawan nasional, namun baru tahun 2019 ini diangkat menjadi pahlawan nasional.

Ruhana Kuddus merupakan wartawan perempuan yang lahir di Koto Gadang, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 20 Desember 1884 dan wafat pada 17 Agustus 1972.

Kiprah Ruhana Kuddus di dunia jurnalistik dimulai dari surat kabar Poetri Hindia pada 1908 di Batavia.

Ketika Poetri Hindia dibredel Belanda, Ruhana mendirikan Surat Kabar Sunting Melayu yang dianggap sebagai koran perempuan pertama di Indonesia pada tahun 1911.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Desi Kris
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved