Breaking News:

POPULER - Tanggapan Muhammad Isnur Soal Dipecatnya Dirjen Imigrasi: Yasonna Laoly Juga Harus Dicopot

Dirjen Imigrasi Ronny Sompie dicopot diduga terkait kasus Harun Masiku, Muhammad Isnur ingin Yasonna Laoly juga harus dilepas dari jabatan.

Editor: Irsan Yamananda
Kompas.com/Kristian Erdianto
Yasonna Laoly 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Direktorat Jenderal Imigrasi, Ronny Sompie, dicopot dari jabatannya oleh Yasonna Laoly.

Dicopotnya Ronny Sompie dari jabatannya ini menarik empati para pegawai Imigrasi.

Mereka bahkan memasang logo Ditjen Imigrasi di foto profil aplikasi WhatsApp sebagai bentuk empati.

Pejabat Biro Humas Kemenkumham Ali Nurdin mengatakan kalau Ronny Sompie selama ini dikenal baik.

Ali Nurdin juga membantah adanya perlawanan yang dilakukan para pegawai terkait dicopotnya Ronny Sompie.

Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny Sompie memberikan keterangan pers terkait surat pencekalan Rizieq Shihab di Jakarta, Selasa (12/11/2019). Dalam keterangan pers tersebut Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM mengatakan belum pernah menerbitkan surat pencekalan terhadap Rizieq Shihab karena pemerintah tidak mempunyai hak untuk menangkal WNI kembali ke Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.
Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny Sompie memberikan keterangan pers terkait surat pencekalan Rizieq Shihab di Jakarta, Selasa (12/11/2019). Dalam keterangan pers tersebut Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM mengatakan belum pernah menerbitkan surat pencekalan terhadap Rizieq Shihab karena pemerintah tidak mempunyai hak untuk menangkal WNI kembali ke Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

"Itu kan rasa empatinya saja, Ronny Sompie terkenal baik. Kedua, ini kan kita juga abis merayakan ulang tahun Imigrasi tiba-tiba ada kejadian, empatinya saja, enggak ada perlawanan," kata Ali saat dihubungi wartawan, Rabu (29/1/2020).

Ali menuturkan, pemasangan logo itu pun merupakan sikap spontan dari para pegawai Imigrasi tanpa koordinasi sebelumnya.

Menurut Ali, inisiatif para pegawai itu menunjukkan bahwa Ronny merupakan orang yang dianggap baik oleh para pegawainya.

"Enggak ada (perlawanan), mungkin gini, inisiatornya black-black itu dinaikkan sama dia, teman-temannya ikutan. Itu mungkin berempati, itu aja," ujar Ali.

Ketua Bidang Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur menduga ada kaitan pencopotan Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie dengan pengusutan kasus dugaan suap yang melibatkan politikus PDI Perjuangan Harun Masiku oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ronny Sompie dicopot oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, yang juga diketahui publik sebagai politikus PDI Perjuangan.

"Ya, jelas itu sangat berkaitan," kata Isnur kepada Kompas.com, Selasa (28/1/2020).

 Statement Yasonna Laoly Soal Harun Masiku Jadi Sorotan, Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Para Menteri

Isnur mempertanyakan, seharusnya yang dicopot tidak hanya Ronny.

Menurut dia, Yasonna juga harus dicopot dari jabatannya saat ini sebagai Menkumham oleh Presiden Joko Widodo atas dugaan ada konflik kepentingan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved