Virus Corona

Daftar Daerah di Indonesia dengan Angka Kematian Tertinggi karena Covid-19, Surabaya Urutan Pertama

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengungkapkan daerah-daerah dengan kasus kematian tertinggi akibat virus corona.

Shutterstock
Waspada, Indonesia Masuki Fase Kritis Korona Bulan April, Simak Pernyataan Ahli Juga Kurva 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengungkapkan daerah-daerah dengan kasus kematian tertinggi akibat virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Tiga daerah, yakni Maluku Utara, DKI Jakarta dan Kota Surabaya menjadi daerah dengan angka kematian tertinggi akibat Covid-19 berdasarkan dua indikator.

Menurut Anggota Dewan Pakar Gugus Tugas Dewi Nur Aisyah, kasus kematian tertinggi ini diukur berdasarkan rasio jumlah kasus positif serta jumlah penduduk di daerah tersebut.

 WHO Menyambut Baik Efektivitas Dexamethasone sebagai Obat Covid-19, Terbukti Kurangi Angka Kematian

"Kita melihat kematian bukan hanya berdasarkan jumlah, tapi juga berdasarkan jumlah positif yang ditemukan di lokasi tersebut dan jumlah penduduk," kata Dewi saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Adapun apabila diukur berdasarkan rasio jumlah kasus positif, hasilnya Maluku Utara menjadi provinsi dengan kasus kematian atau mortality rate tertinggi, yakni mencapai 10,22 persen.

ilustrasi meninggal dunia
ilustrasi meninggal dunia (shutterstock/sfam_photo)

Pada posisi kedua hingga kelima secara berturut-turut yakni Jawa Timur dengan 9,09 persen, Jawa Barat dengan 8,12 persen, Jawa Tengah dengan 7,64 persen dan Kalimantan Selatan dengan 7,6 persen.

Sementara itu, jika diukur berdasarkan rasio jumlah penduduk, maka DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kasus kematian tertinggi. Berikut urutannya:

1. DKI Jakarta dengan angka kematian 4,62 per 100.000 penduduk

2. Kalimantan Selatan dengan 1,47 per 100.000 penduduk

3. Jawa Timur dengan 0,70 per 100.000 penduduk

HALAMAN SELANJUTNYA ==============>

Ikuti kami di
Editor: Asytari Fauziah
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved