Celebrity Chef Asal Inggris, Gordon Ramsay Cicipi Kue Bika 'Neraka Rasa Surga', Ini Reaksinya

Gordon Ramsay, didampingi food writer Ade Putri, mencicipi kue bika yang punya sebutan unik yakni kue neraka rasa surga di Padang, Sumatera

Instagram William Wongso
Gordon Ramsay 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Dalam acara Gordon Ramsay: Uncharted episode Sumatera Barat, chef kenamaan dunia asal Inggris Gordon Ramsay melipir ke kios kecil yang menjual kue bika khas Minang, Bika Talago di Koto Baru, Tanah Datar.

Dalam kunjungannya, Gordon Ramsay yang didampingi food writer Ade Putri, mencicipi kue bika yang punya sebutan unik yakni kue neraka rasa surga.

“Penamaan itu datang dari pengunjung yang melihat proses pembuatan dan mencicipi kue bika,” kata pemandu wisata sekaligus Ketua Dewan Kode Etik Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera Barat Soni Erizon kepada Kompas.com, Jumat (29/11/2019).

Pembuatan camilan khas Minang ini cukup unik. Adonan yang dibuat dari campuran tepung beras, air kelapa, dan gula pasir dimasak dalam kuali tanah liat dan dibakar dengan kayu bakar dari cinnamon wood.

Dalam kunjungannya, Gordon Ramsay juga mencoba untuk membuat kue bika tersebut. Setelah diberi contoh, ia pun mencetak kue bika dengan menggunakan sendok.

Terlihat dalam kuali ada beberapa daun pisang yang akan jadi alas adonan. Daun pisang ditata melingkari kuali.

Ternyata, Gordon terlihat kesulitan dalam memasak kue bika. Kue bika yang ia cetak terlihat berantakan.

Setelah itu, kuali berisi kue bika ditutup dengan kuali tempat kayu bakar dengan api yang berkobar.

Kuali dengan kayu bakar tersebut yang akan mematangkan kue bika. Hal itulah yang memicu penamaan “neraka” untuk kue bika ini.

Sementara itu penyebutan “surga” berasal dari rasa kue bika. Kue bika yang baru matang punya rasa yang memanjakan lidah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Talitha Desena
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved