Breaking News:

AKHIRNYA BMKG Buka Suara Soal Viral Awan Mirip Tsunami di Aceh yang Dikait-kaitkan Bencana 'Waspada'

Akhirnya BMKG buka suara soal viral awan di langit Meulaboh, Aceh Barat, berbentuk tsunami yang dikait-kaitkan bencana.

KOMPAS.COM/DASPRIANI Y. ZAMZAMI / Handout
Kemunculan awan menggulung bak gelombang laut tsunami di langit Meulaboh, Senin (10/8/2020) mengejutkan warga. Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Akhirnya BMKG buka suara soal viral awan di langit Meulaboh, Aceh Barat, berbentuk tsunami yang dikait-kaitkan sebagian masyarakat dengan bencana. Begini kata BMKG ....

Sebuah fenomena awan Arcus atau awan tsunami muncul di langit Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Munculnya awan yang terlihat bak gelombang tsunami tersebut sontak membuat warga di daerah tersebut terkejut.

Mengetahui hal itu, tak sedikit warga yang coba mengabadikannya dengan kamera ponsel.

“Warga memang terkejut ya, selain heran, mereka juga banyak yang mengabadikan fenomena alam ini dengan telepon selulernya, juga tidak sedikit mengaitkan dengan mitos-mitos kebencanaan," terang seorang warga Aidil Firmansyah kepada Kompas.com melalui telepon selulernya, Senin, (10/8/2020).

"Tapi fenomena ini tidak berlangsung lama, hanya setengah jam kemudian awan terbawa angin, lalu cuaca pun mendung sepanjang hari,” lanjutnya.

 16 Tahun Berpisah Karena Tsunami, Pria Ini Bertemu Lagi dengan Anak Istri yang Dikira Sudah Tiada

 Ingat Meninggalnya Andi Seventeen Saat Tsunami Banten? Begini Kabar Baru Bayi yang Dia Tinggalkan

Kemunculan awan menggulung bak gelombang laut tsunami di langit Meulaboh, Senin (10/8/2020) mengejutkan warga. Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.
Kemunculan awan menggulung bak gelombang laut tsunami di langit Meulaboh, Senin (10/8/2020) mengejutkan warga. Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. (KOMPAS.COM/DASPRIANI Y. ZAMZAMI / Handout)

Hal sama juga disampaikan warga lainnya.  Dilansir dari Antara, Sabrina mengatakan, munculnya awan yang menyerupai gelombang tsunami itu menimbulkan ketakutan tersendiri bagi warga.

“Kami juga sempat takut melihat awan yang begitu hitam pekat, menakutkan sekali. Jarang ada peristiwa seperti ini,” katanya.

Penjelasan BMKG

Kasi Data BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, munculnya awan Arcus atau biasa disebut awan tsunami tersebut dianggap fenomena langka.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>

Ikuti kami di
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved