Breaking News:

Penanganan Covid

Pedagang Pasar di Jakarta Sudah Hampir Semua Pakai Masker, Tapi Baru 53 Persen yang Memakainya Benar

Studi UI menunjukkan 90 persen pedagang di Jakarta yang memakai masker, namun baru 53 persen yang memakainya benar

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Suasana jual beli di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, terlihat sepi pembeli, Senin (20/4/2020). Pedagang dan penjual terbilang sudah mematuhi aturan PSBB dengan mengenakan masker dan menjaga jarak. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM, JAKARTA - Studi dari Universitas Indonesia menunjukan baru 53 persen pedagang di pasar tradisional yang menggunakan masker dengan baik dan benar.

Hal itu dikemukan oleh peneliti psikologi sosial UI Dicky Peluppesy dalam dalam diskusi virtual "Tetap Pakai Masker ke Pasar Tradisional" Jumat (2/10/2020).

Ia melanjutkan, penelitian dilakukan di salah satu pasar tradisional di Jakarta.

"Studi kami menemukan masih banyak yang belum mematuhi tidak memakai masker.

Yang memakai masker 90 persen, tapi banyak yang belum memakai masker dengan benar, hanya 53 persen yang memakai dengan benar," ungkapnya.

Dicky memaparkan, ada dua alasan mengapa pedagang kurang memperhatikan penggunaan masker saat berkegiatan di pasar.

Pertama, berkaitan dengan kenyamanan.

Sejumlah pengunjung usai berbelanja di Pasar Baru Trade Center, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/9/2020). Salah seorang pedagang Pasar Baru Trade Center terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji usap di salah satu rumah sakit. Pedagang tersebut diduga terpapar di luar pasar, dan saat ini telah melakukan isolasi mandiri. Meski demikian, aktivitas di pasar tersebut tidak dihentikan menyeluruh. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Sejumlah pengunjung usai berbelanja di Pasar Baru Trade Center, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/9/2020). Salah seorang pedagang Pasar Baru Trade Center terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji usap di salah satu rumah sakit. Pedagang tersebut diduga terpapar di luar pasar, dan saat ini telah melakukan isolasi mandiri. Meski demikian, aktivitas di pasar tersebut tidak dihentikan menyeluruh. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Kedua, merasa sulit berinterkasi dengan pembeli.

"Berkaitan dengan kenyamanan atau situasi di pasar.

Misalnya seperti studi kami yang mengambil setting pasar yang berada di basement.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Talitha Desena
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved