Breaking News:

Penanganan Covid

Terapkan Protokol Kesehatan 3M, Jadi Kunci Jitu untuk Memutus Penyebaran Covid-19

Kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M diyakini dapat menjadi kunci jitu memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Shutterstock
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) diyakini dapat menjadi kunci jitu memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto.

“Paling depan adalah 3M, karena penyebabnya penyakit menular yang bisa dicegah. Rute penularan dari saluran nafas oleh karenanya yang dilindungi adalah pernafasan dengan masker,” kata Yuri lewat keterangan tertulis, Kamis (15/10/2020).

Bagi Yuri, sinergi antara hulu dan hilir haruslah kuat.

Dari segi hulu, masyarakat harus dilibatkan secara aktif melalui pemberdayaan guna meningkatkan kesadaran akan kegiatan promotif preventif.

Sementara pada bagian hilir, pemerintah menyiapkan sistem kesehatan yang terpadu guna mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien yang membutuhkan layanan kesehatan.

Baca juga: WHO Sebut Orang Muda yang Sehat Tak Dapat Vaksin Covid-19 Hingga 2022, Tenaga Medis Diprioritaskan

Baca juga: Orang-orang dengan Riwayat Hipertensi Menjadi Lebih Rentan Terpapar Covid-19, Bagaimana Mencegahnya?

Masker pencegah penularan virus corona
Masker pencegah penularan virus corona (CC0 Public Domain)

“Sisi hulu (masyarakat) adalah menerapkan 3M atau saya menyebutnya sekarang 3W yakni wajib pakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan pakai sabun," kata Yuri.

Jika hulunya kecolongan, kata dia, maka pemerintah mendahului dengan tracing yakni melacak kontak dekat yang positif Covid-19.

Lalu setelah ditemukan, di testing, kalau membutuhkan perawatan maka mendapatkan treatment.

Pihaknya menilai kasus terkonfirmasi saat ini adalah gambaran dari belum optimalnya penerapan 3M diseluruh tatanan kehidupan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved