Breaking News:

Penanganan Covid

Ratusan Nakes di Kota Bekasi Terpapar Covid-19, Ketua MPR Ingatkan Soal Protokol Kesehatan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo angkat bicara mengenai tenaga kesehatan (nakes) yang masih sangat rawan tertular Covid-19 di tempat mereka bekerja.

Kolase TribunNewsmaker- Shutterstock dan Freepik
Ilustrasi dokter terinfeksi virus corona atau Covid-19. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet angkat bicara mengenai tenaga kesehatan (nakes) yang masih sangat rawan tertular Covid-19 di tempat mereka bekerja.

Terkini, sebanyak 201 nakes di Kota Bekasi telah terpapar Covid-19.

Bamsoet pun meminta semua pihak, khususnya nakes agar menjaga diri dan terus berdisiplin menerapkan protokol ini dimanapun berada.

"Mengimbau dan mengajak semua pihak, khususnya para nakes agar menjaga kesehatan diri dan disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dimanapun berada, terutama di lingkungan tempat bekerja sebagai salah satu upaya mencegah risiko terpapar Covid-19," ujar Bamsoet, melalui keterangannya, Jumat (23/10/2020).

Bamsoet mengimbau Kementerian Kesehatan dan pihak rumah sakit rujukan lebih memperhatikan kesehatan dan keselamatan jiwa nakes.

Satu di antaranya dengan memastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD) sesuai standar kesehatan.

Selain itu, penting pula memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin bagi nakes serta melakukan pengecekan kesehatan atau tes Covid-19 secara rutin.

Baca juga: Jakarta Akan Denda Warga yang Tolak Vaksin Covid-19, Bagaimana Jawa Barat? Begini Kata Ridwan Kamil

Baca juga: Cara-cara Pencegahan Agar Anak Tidak Tertular Covid-19, Pahami Faktor Risikonya

"Disamping mengatur jadwal tugas bagi nakes juga menambah jumlah nakes yang bertugas, khususnya nakes yang berada di zona merah atau daerah dengan tingkat penularan Covid-19 yang tinggi," kata dia.

Tenaga kesehatan saat ini menjadi benteng pertahanan terakhir dalam perjuangan menangani pasien-pasien terinfeksi covid-19 yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah banyak.
Tenaga kesehatan saat ini menjadi benteng pertahanan terakhir dalam perjuangan menangani pasien-pasien terinfeksi covid-19 yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah banyak. (istimewa)

Politikus Golkar tersebut juga mengatakan evaluasi sistem penanganan Covid-19 di masing-masing fasilitas kesehatan (Faskes) terutama di rumah sakit rujukan di setiap daerah harus dilakukan secara berkala.

Menurutnya itu penting untuk mengetahui penyebab terus bertambahnya nakes yang terpapar Covid-19 di tempat mereka bekerja.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved