Breaking News:

Penanganan Covid

Wartawan Disebut Dapat Masuk ke Dalam Kelompok Prioritas, Bisa Mendapat Vaksin Covid-19 Lebih Awal?

Disebut karena wartawan termasuk profesi yang memiliki risiko tinggi terpapar covid-19

Shutterstock
Ilustrasi profesi jurnalis 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo membuka kemungkinan wartawan masuk ke dalam kelompok prioritas sehingga bisa mendapat vaksin covid-19 lebih awal.

Doni mengungkapkan hal itu karena wartawan termasuk profesi yang memiliki risiko tinggi terpapar covid-19.

Untuk itu ia mempersilakan asosiasi wartawan bisa bekerja sama dengan Satgas Covid untuk mendapatkan vaksin lebih awal dibandingkan dengan yang lain.

Hal itu diungkapkan Doni saat diskusi virtual Bertajuk "Stigmatisasi Terhadap Penderita Covid-19 dan Tenaga Medis, Bagaimana Mengatasinya?" pada Jumat (23/10/2020).

"Tentu pemerintah telah memikirkan ini di samping tenaga kesehatan, kemudian petugas lapangan, petugas lapangan di sini TNI, Polri, Satpol PP, relawan, tentunya termasuk juga teman-teman media. Jadi nanti tiap-tiap asosiasi wartawan di daerah nanti bisa bekerja sama dengan Satgas covid yang sebagian diisi oleh tim dari unsur TNI dan Polri, dan Dinas Kesehatan sehingga bisa mendapatkan pelayanan vaksin lebih awal dibandingkan yang lain," kata Doni.

Dalam diskusi tersebut Doni juga sempat mengungkapkan apresiasinya terhadap para wartawan dengan menyebut wartawan sebagai bagian dari pahlawan-pahlawan kemanusiaaan.

Baca juga: Doni Monardo Ungkap Tengah Rancang Satgas Padat Karya yang Anggotanya Kalangan Ibu-ibu

Baca juga: PMI Bagikan Ratusan Poster Cara Cuci Tangan & Ditempel di Pondok Pesantren Jateng, Ini Tujuannya!

ILUSTRASI vaksin Covid-19.
ILUSTRASI vaksin Covid-19. (europeanpharmaceuticalreview.com)

Karena dalam perang melawan covid-19, kata Doni, wartawan memiliki peran untuk mengajak masyarakat patuh kepada protokol kesehatan dan dengan demikian membantu menyelematkan jiwa manusia.

"Kawan-kawan wartawan yang bekerja untuk mengajak masyarakat patuh pada protokol kesehatan itu telah membantu menyelamatkan begitu banyak jiwa manusia," kata Doni.

Ia mengatakan strategi yang saat ini tengah dijalankan oleh Satgas Penanganan Covid-19 adalah strategi pentahelix yang juga melibatkan kalangan wartawan.

Dalam strategi tersebut, kata Doni, Satgas Penanganan Covid-19 mengedepankan upaya pencegaham karena masyarakat harus memutus mata rantai penularan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Talitha Desena
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved