Breaking News:

Penanganan Covid

Cegah Covid-19, Kapolri Ingatkan Masyarakat untuk Terapkan Protokol Kesehatan 3M

Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk mentaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Shutterstock
ILUSTRASI Positif Virus Corona 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk mentaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Ia meminta masyarakat selalu mentaati 3M.

Diketahui, 3M yang dimaksudkan adalah memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak.

"Saya mengimbau dalam suasana Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini agar semua pihak mematuhi protokol kesehatan dengan senantiasa memakai masker menjaga jarak aman dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan massa," kata Idham Azis dalam konfrensi pers secara daring, Sabtu (14/11/2020).

Idham memaparkan setidaknya sudah 53 juta orang di 215 negara di dunia yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara itu, 1,3 juta di antaranya harus meninggal dunia sejak Maret 2020 lalu.

Di Indonesia sendiri sejak tanggal 13 November kemarin, 34 provinsi dan 503 kabupaten kota se Indonesia juga telah dilanda pandemi Corona. Total, 457.735 orang terinfeksi dan yang meninggal sudah sebanyak 15.037 orang.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Gratis Diberikan untuk 60 Juta Penduduk, Sisanya Ada Vaksin Mandiri

Baca juga: Antarkan 20.000 Masker & Hand Sanitizer untuk Pernikahan Putri Habib Rizieq, Ini Alasan Satgas Covid

Ilustrasi virus corona atau covid-19.
Ilustrasi virus corona atau covid-19. (SHUTTERSTOCK via Kompas.com)

"Polri juga sejak Indonesia dilanda pandemi Corona telah dua kali mengeluarkan maklumat. Pada tanggal 19 Maret 2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 lalu Kapolri yang kedua yaitu tanggal 21 September 2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan Pilkada serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020," ungkapnya.

Atas dasar itu, pencegahan penularan Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan harus ditaati semua pihak. Dia bilang, keselamatan rakyat adalah hal yang terpenting bagi Indonesia.

"Hal tersebut harus kita lakukan bersama-sama demi keselamatan kita bersama dan untuk menyelamatkan semua orang yang ada di Indonesia ini. terjadinya beberapa kerumunan tanpa protokol kesehatan menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat," tandasnya.

Sebagaimana diketahui selain melakukan penanganan terhadap pasien positif covid-19 baik dengan gejala atau tanpa gejala, Pemerintah lewat Satgas Covid-19 saat ini terus menggencarkan kampanye penyuluhan 3M yakni memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved