Breaking News:

Kegiatan-kegiatan yang Dilarang Saat Sekolah Tatap Muka Diperbolehkan Buka Pada Januari 2021

Sekolah tatap muka sudah diperbolehkan dibuka kembali pada Januari 2021. Akan tetapi ada beberapa kegiatan yang dilarang untuk diadakan, apa saja?

Freepik.com
Sekolah tatap muka selama masa pandemi (Ilustrasi) 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Sekolah tatap muka sudah diperbolehkan dibuka kembali pada Januari 2021. Akan tetapi ada beberapa kegiatan yang dilarang untuk diadakan, apa saja?

Pandemi Covid-19 berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan.

Sejak pandemi semakin meresahkan, sekolah-sekolah di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia melakukan pembelajaran daring.

Hal itu guna mencegah penyebaran virus corona yang semakin masif.

Setelah berbulan-bulan pembelajaran daring berlangsung, akhirnya pemerintah memperbolehkan sekolah tatap muka kembali berlangsung.

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim (YouTube Kemendikbud RI)

Baca juga: TONTON Live Streaming Mendikbud: Panduan Belajar Semester Genap 13.30 WIB, Sekolah Kembali Dibuka?

Baca juga: TEMUKAN 3 Dampak Negatif PJJ, Nadiem Makarim Akhirnya Buka Suara Kapan Sekolah Tatap Muka Dimulai

Pemerintah pusat telah memperbolehkan pemerintah daerah memberi izin bagi sekolah untuk kembali menggelar pembelajaran tatap muka pada Januari 2021.

Kendati demikian terdapat sejumlah larangan terkait kegiatan yang memicu terjadinya kerumunan.

"Poin yang juga sangat penting adalah tidak diperkenankan kegiatan-kegiatan yang berkerumun," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam konferensi pers secara daring, Jumat (20/11/2020).

"Artinya, kantin tidak diperbolehkan beroperasi. Kegiatan olahraga, ekstrakurikuler tidak diperbolehkan untuk dilakukan. Anak-anak hanya boleh masuk kelas, belajar, lalu pulang," tutur dia.

Dengan demikian, seluruh kegiatan di luar belajar-mengajar tidak boleh dilakukan.

Baca juga: Kapan Anak Sekolah Akan Kembali Belajar Tatap Muka? Nadiem Makarim: Mohon Kesabaran

Baca juga: VIRAL Siswa Tak Sengaja Bertemu Ayah saat Piknik Sekolah ke Penjara, Langsung Sujud: Saya Tidak Malu

Foto dirilis Rabu (28/10/2020), memperlihatkan pelajar berjalan masuk ke sekolah dengan menjaga jarak saat kegiatan Simulasi Adaptasi Kebiasaan Baru Sekolah di SMP Negeri 4 Solo, Jawa Tengah. Untuk mewujudkan pelaksanaan KBM tatap muka di tengah pandemi, Dinas Pendidikan Kota Surakarta menunjuk SMP Negeri 4 mengawali dengan melaksanakan simulasi.
Foto dirilis Rabu (28/10/2020), memperlihatkan pelajar berjalan masuk ke sekolah dengan menjaga jarak saat kegiatan Simulasi Adaptasi Kebiasaan Baru Sekolah di SMP Negeri 4 Solo, Jawa Tengah. Untuk mewujudkan pelaksanaan KBM tatap muka di tengah pandemi, Dinas Pendidikan Kota Surakarta menunjuk SMP Negeri 4 mengawali dengan melaksanakan simulasi. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Halaman Selanjutnya ====>

Ikuti kami di
Editor: Vega Dhini Lestari
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved