Breaking News:

Penanganan Covid

Apa Itu Vaksin Covid-19? Simak Penjelasan Lengkap dari dr Reisa Brotoasmoro Berikut Ini

Termasuk peninjauan langsung simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, pada (18/11/2020).

Istimewa
Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Pemerintah Untuk Pemberantasan Covid-19 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pemerintah terus berupaya mempersiapkan program vaksinasi Covid-19 dengan matang. Vaksin Covid-19 saat ini masih dalam tahap uji klinis fase 3.

Presiden Joko Widodo pun memastikan persiapannya berjalan dengan baik, seperti meninjau langsung pelaksanaan uji coba vaksin Covid-19 yang melibatkan 1.620 relawan pada Agustus lalu di Bandung, Jawa Barat. T

Termasuk peninjauan langsung simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, pada (18/11/2020).

Selain mempersiapkan vaksin, pemerintah terus memberikan penyuluhan tentang vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Baca juga: Bupati Situbondo Meninggal Dunia karena Covid-19, Benarkah Terserang Virus yang Tergolong Ganas?

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Brotoasmoro mengatakan bahwa Vaksin merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap suatu penyakit.

"Vaksin ini adalah sebagai upaya pencegahan. Jadi, diberikan saat kita sehat. Berbeda dengan obat yan diberikan setelah kita sakit. Jadi, mari kita dukung terus. Tak kenal maka tak kebal, ini bukan sekedar jargon," kata Reisa dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat, (27/11/2020).

Dalam catatan sejarah di Indonesia, imunisasi dimulai dengan imunisasi cacar (1956), imunisasi BCG untuk tuberculosis (1973); imunisasi tetanus toxoid pada ibu hamil (1974); imunisasi difteri, pertusis, tetanus (DPT) pada bayi (1976); polio (1981); campak (1982); hepatitis B (1997); inisiasi imunisasi Haemophilus Influenza tipe B dalam bentuk vaksin pentavalen.

Untuk vaksin HPV guna mencegah kanker serviks mulai didemonstrasikan programnya di tahun 2016 untuk remaja putri di sejumlah provinsi. Sementara imunisasi untuk Rubella pada tahun 2017 masuk ke dalam program imunisasi nasional.

Vaksin, kata Reisa, sebenarnya sudah diberikan kepada masyarakat sejak masih usia dini, melalui imunisasi. Pengertian imunisasi sendiri, adalah proses dalam tubuh agar seseorang memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit dengan cara vaksinasi. Pengertian vaksinasi sendiri, adalah proses pemberian vaksin dengan cara disuntikkan, maupun diteteskan ke dalam mulut.

"Vaksin menciptakan kekebalan tubuh kita secara spesifik atau khusus, untuk dapat melawan penyakit tertentu" katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Irsan Yamananda
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved