Breaking News:

MUDAHNYA Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online, Tak Perlu Datang ke Samsat, Simak Langkahnya

Pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan secara online, simak cara mudahnya berikut ini.

Freepik/jannoon028
Ilustrasi bayar pajak kendaraan bermotor secara online 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan secara online, simak cara mudahnya berikut ini.

Di tengah pandemi virus corona, protokol kesehatan harus diterapkan termasuk menjaga jarak.

Agar tetap bisa jaga jarak dan terhindar dari paparan virus corona, membayar pajak kendaraan bermotor pun bisa dilakukan secara online.

Buku BPKB dan STNK
Buku BPKB dan STNK (KOMPAS.Com/SRI LESTARI)

Baca juga: Jadwal Lengkap Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi, Catat Tanggalnya!

Baca juga: JIKA Pajak Mobil Baru 0%, Harga Mobil SUV Jadi Turun Drastis, Pajero dan Fortuner Hanya Rp 200 Juta

Sejak beberapa waktu lalu, pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan dengan beberapa cara salah satunya adalah online atau daring.

Kepala Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Arismansyah menyatakan, hal tersebut dilaksanakan dalam upaya memudahkan para wajib pajak terutama seperti di pandemi ini.

"Wajib pajak juga bisa memanfaatkan aplikasi SAMOLNAS untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan. Tapi ini hanya untuk tahunan berjalan dan wajib pajak tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor di bawah 1 tahun," kata Aris.

Melansir laman Samsat Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), pembayaran secara online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yakni Samsat Online Nasiona (Samolnas) dan juga website resmi e Samsat.

Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.
Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19. (ANTARA FOTO/SENO)

Berikut mekanisme cara mudah bayar pajak kendaraan di Samsat Online.

1. Pemohon mendownload aplikasi Samolnas

2. Setelah terinstal di smartphone, klik mulai dan pendaftaran

Halaman Selanjutnya ====>

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved