Breaking News:

Penanganan Covid

RS Kelimpungan karena Lonjakan Kasus Covid-19 Setelah Libur Panjang, Ruangan Bisa Tambah 100 Bed

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, yang menjadi kendala saat terjadi lonjakan kasus corona itu adalah jumlah perawat.

SHUTTERSTOCK via Kompas.com
Ilustrasi virus corona atau covid-19. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Momen libur panjang (long weekend) saat pandemi corona selalu menjadi momok bagi masyarakat Indonesia. Sebab biasanya setelah libur panjang kasus corona pasti melonjak drastis.

Ketika terjadi lonjakan kasus itu, rumah sakit dan tenaga medis menjadi kelimpungan.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, yang menjadi kendala saat terjadi lonjakan kasus corona itu adalah jumlah perawat.

Sementara dari segi jumlah ruangan dan dokter di kebanyakan rumah sakit masih cukup. Pihak rumah sakit masih bisa menambah kapasitas hingga 100 tempat tidur.

"Di rumah sakit tempatnya ada, tinggal kita tambah. Ada potensi bisa tambah 100 bed tambahan. Yang masalah bukan ruang, tapi perawat," kata Budi melalui konferensi video ketika mengunjungi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Jumat (25/12/2020).

"Ruangan bisa tambah sampai 100, tapi kita butuh perawat. Dan dengan menambah bed di RS existing, teknisnya jadi lebih mudah," ungkapnya.

Baca juga: Deretan Langkah Pemerintah Indonesia untuk Mencegah Varian Baru Covid-19 Masuk ke Tanah Air

Budi mengaku tengah berupaya meningkatkan jumlah perawat untuk mengiringi penambahan kapasitas rumah sakit.

"Tadi saya sudah bicara dengan Pak Wamen yang benar-benar dokter, bagaimana kita bisa segera mengalokasikan tambahan perawat. Karena jumlah dokternya cukup, alat kesehatannya cukup, bed cukup, ruangannya ada, tapi kita butuh perawat," ujar Budi.

Sementara itu Wamenkes dr Dante Saksono mengaku sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait kebutuhan perawat ini.

Dante mengaku sudah berkoordinasi dengan direktur RSCM agar menutup kebutuhan perawat dengan relawan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Irsan Yamananda
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved