Breaking News:

Hari Pertama Tri Rismaharini Jadi Mensos, Ngobrol dengan Pemulung, Janji Carikan Rumah & Ajari Usaha

Ngobrol dengan pemulung di hari pertama emban tugas sebegai Mensos, Tri Rismaharini janjikan berbagai hal ini.

Youtube Rumah Bhara
Tri Rismaharini 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Hari pertama mengemban tugas sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini langsung blusukan dan ngobrol dengan pemulung. Janjikan sederet program ini.

Memulai hari pertama kerjanya sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini atau Risma melangkahkan kaki ke kawasan aliran Kali Ciliwung yang berada di belakang kantor Kementerian Sosial, Jakarta.

Bersama rombongan kecil Kemensos pada Senin (28/12/2020) pagi itu, di atas jembatan Kali Ciliwung, Risma bertemu dan berbincang dengan sepasang suami-istri pemulung yang tengah menyiapkan gerobak untuk bekerja.

Kepada Risma, mereka bercerita mendapatkan uang Rp 800.000 tiap bulan dari hasil memulung. Uang itu sebagian mereka kirim untuk anak di kampung.

 

Mendengar itu, Risma mengatakan akan mengupayakan mencarikan rumah layak huni sekaligus memberikan pelatihan kepada mereka demi perbaikan kualitas hidup.

"Bapak-ibu saya carikan ‘rumah’ jadi enggak perlu ada biaya ngontrak. Tetap cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk bapak. Sambil saya ajari usaha. Masak mau terus kaya gini, ya. Mau ya," kata Risma.

Baca juga: Tri Rismaharini Ungkap Beda Bansos Corona di Januari 2021 dengan Sebelumnya, Begini Cara Mendapatkan

Baca juga: Soal Anggaran di Kemensos, Tri Rismaharini Kaget Lihat Jumlahnya, Ungkap Cara Cegah Tindakan Korupsi

Hari pertama berdinas sebagai Menteri Sosial, Tri Rismahirini alias Risma menemui seorang pemulung di kawasan aliran Sungai Ciliwung, belakang kantor Kementerian Sosial.
Hari pertama berdinas sebagai Menteri Sosial, Tri Rismahirini alias Risma menemui seorang pemulung di kawasan aliran Sungai Ciliwung, belakang kantor Kementerian Sosial. (TRIBUNNEWS.com/TAUFIK ISMAIL)

Dari atas jembatan, mantan Wali Kota Surabaya itu kemudian turun ke bawah kolong jembatan Kali Ciliwung. Risma turun dengan menggunakan tangga besi kecil yang disiapkan rombongan.

Di situ, ia menyaksikan kondisi kehidupan para pemulung yang tinggal di kolong jembatan.

Di sebuah sudut kolong jembatan yang menjadi "hunian" pemulung, ia melihat kasur gulung lusuh, lemari butut, alat-alat mandi, dan sendal jepit terserak.

Risma pun menyusuri bantaran kali sambil menyapa para penghuni kolong jembatan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved