Breaking News:

Penanganan Covid

Pakar Beberkan Syarat Penerima Vaksin Covid-19, Harus Sehat hingga Tak Punya Riwayat Penyakit Ini

Pakar ungkap sederet syarat penerima vaksin Covid-19. Sebut harus sehat.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Petugas medis menunjukkan contoh (dummy) vaksin covid saat simulasi vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di RSI Jemursari, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/12/2020). Acara simulasi vaksinasi dihadiri Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Ada sejumlah syarat mutlak yang harus dipenuhi seorang penerima vaksinasi.

Artinya, seseorang harus dalam keadaan sehat sebelum menerima suntikan vaksin.

Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) Hindra Irawan mengungkapkan, vaksinasi merupakan tindakan pencegahan, sehingga memerlukan antibodi yang kuat dari seseorang dalam keadaan sehat.

"Orang sehat yang mempunyai kekebalan dapat terhindar dari penyakit. Apabila penyakit tersebut menyerang seseorang maka tidak fatal, karena itu harus diberikan dalam keadaan yang optimal yaitu orang dalam keadaan sehat," ujarnya dalam webinar Kemenhub RI "Mengapa Perlu Vaksinasi Covid-19", Selasa (26/1/2021).

Ia melanjutkan, dari kekebalan orang sehat inilah kemudian memberikan perlindungan untuk kelompok yang rentan.

"Sebetulnya kelompok-kelompok itu yang harusnya divaksinasi karena harus dilindungi agar tidak terkena penyakit," kata Hindra.

Meski demikian, kelompok dengan penyakit tertentu juga harus divaksinasi dengan catatan, penyakit penyerta harus terlebih dahulu dikendalikan.

Misalnya, kalau sakit jantung harus minum obat teratur agar keadaan jantung normal.

"Tentunya obat diminum teratur kontrol ke dokternya.

Tenaga kesehatan menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum (RSU) Bungsu, Jalan Veteran, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pos layanan ini dari 14, 15, dan 18 Januari 2021 berjalan lancar, sudah diikuti lebih dari 70 tenaga kesehatan di lingkungan RSU Bungsu dan beberapa tenaga kesehatan dari sejumlah rumah sakit di Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Tenaga kesehatan menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum (RSU) Bungsu, Jalan Veteran, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pos layanan ini dari 14, 15, dan 18 Januari 2021 berjalan lancar, sudah diikuti lebih dari 70 tenaga kesehatan di lingkungan RSU Bungsu dan beberapa tenaga kesehatan dari sejumlah rumah sakit di Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Sampai diyakinkan dalam keadaan terkendali. Siapa yang menyatakan terkendali ya dokter yang merawat, dokter yang biasa dilakukan kontrol," ungkapnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved