Breaking News:

Penanganan Covid

GeNose C-19 untuk Penumpang Pesawat, Bandara Kulonprogo Siap Jadi yang Pertama, Catat Tarifnya!

Bandara Kulonprogo siap jadi yang pertama terapkan GeNose C-19 untuk penumpang pesawat.

(KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA)
GeNose pendeteksi Covid-19 karya ahli UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. (Foto Dokumentasi Humas UGM) 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut baik rencana pemerintah menggunakan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di bandara pada 1 April 2021.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, penggunaan GeNose di bandara dengan harga terjangkau akan meningkatkan trafik penumpang pesawat udara.

Menurutnya, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo akan dijadikan bandara percobaan pelaksanaan uji coba penggunaan GeNose.

"Pada fase persiapan ini, Angkasa Pura I akan berkoordinasi dengan pihak penyedia alat GeNose C-19 untuk meyediakan 40 alat GeNose C-19, menyiapkan area lokasi layanan GeNose C-19 di YIA," papar Faik dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021).

"Kemudian menyiapkan prosedur alur pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose, dan melakukan simulasi pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose pada minggu ketiga Maret 2021," sambungnya.

Setelah penerapan di YIA, kata Faik, penggunaan GeNose akan diperluas lagi ke bandara lainnya yang dikelola Angkasa Pura I.

Faik menyebut, untuk harga layanan GeNose C-19 di bandara, perseroan akan menyampaikan kepada masyarakat jelang 1 April 2021.

"Dengan adanya layanan GeNose C-19 di bandara, menambah pilihan layanan tes Covid-19 selain swab antigen dan PCR," ucapnya.

Baca juga: GeNose Diharapkan Dapat Digunakan di Berbagai Tempat Wisata, Menparekraf Sebut PHRI Ingin Pesan

Baca juga: Kemenhub Budi Setiyadi Ungkap Alat Tes Covid-19 GeNose Dapat Digunakan Penumpang Bus Secara Gratis

Mulai April, Penumpang Pesawat Boleh Gunakan GeNose Sebagai Syarat Terbang, Tarif Masih Dibahas

Mulai 1 April 2020, penumpang pesawat udara diperbolehkan menggunakan tes GeNose atau alat deteksi Covid-19 berbasis hembusan nafas.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved