Breaking News:

Penanganan Covid

GeNose Jadi Syarat Penumpang Pesawat, Harga Harus Sama dengan Stasiun, YLKI: Jangan Ambil Untung

YLKI minta harga GeNose di bandara disamakan dengan stasiun, jangan ambil untung.

(KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA)
GeNose pendeteksi Covid-19 karya ahli UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. (Foto Dokumentasi Humas UGM) 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebut tidak ada alasan bagi pemerintah membedakan harga GeNose di bandara dan stasiun. 

"Harganya disamakan saja, karena memang ongkos produksinya juga sama. Jangan sampai ambil untung," Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi saat dihubungi, Sabtu (27/2/2021).

Menurutnya, harga tes GeNose di bandara senilai Rp 20 ribu, akan mendongkrak peningkatan penumpang pesawat dan akhirnya berdampak positif ke industri penerbangan. 

"Dengan harga sama mendorong orang untuk terbang," ucap Tulus. 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menyebut tes GeNose di bandara akan dilaksanakan pada 1 April 2021. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, tes GeNose di bandara dilakukan secara bertahap, dimulai dari bandara kecil, medium, dan besar. 

"Bertahap, tidak semua bandara pada 1 April 2021. Dimulai dari yang kecil, tapi ini masih pembahasan dan belum final," papar Novie.

Baca juga: GeNose C-19 untuk Penumpang Pesawat, Bandara Kulonprogo Siap Jadi yang Pertama, Catat Tarifnya!

Baca juga: GeNose Diharapkan Dapat Digunakan di Berbagai Tempat Wisata, Menparekraf Sebut PHRI Ingin Pesan

Sementara terkait harga tes GeNose di bandara, Novie belum dapat memastikan pada saat ini, karena sedang dibahas semua pemangku kepentingan. 

"Harga masih dibahas, belum selesai ditentukan. Tapi kurang lebih, ya tidak jauh beda dengan stasiun karena materialnya sama," ucap Novie. (Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul YLKI: Jangan Ambil Untung, Harga GeNose di Bandara Harus Sama dengan Stasiun

Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved