Breaking News:

Penanganan Covid

Sandiaga Uno Petakan Masalah Penanganan Covid untuk Pemulihan Sektor Parekraf, Kerjasama dengan BNPB

Penanganan pandemi covid-19 menjadi syarat utama dalam Percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional.

Tribunnews/ Kahfi Dirga Cahya
Sandiaga Uno 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Penanganan pandemi covid-19 menjadi syarat utama dalam Percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional.

Merujuk hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang merupakan garda terdepan penanggulangan pandemi covid-19. 

Jalinan kerjasama tersebut kembali dipererat lewat pertemuan antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Graha BNPB, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (4/3/2021).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas kerangka kerja. khususnya mengenai masalah sekaligus solusi yang dapat dihadirkan dalam mengakhiri pandemi covid-19.

Pasalnya diketahui, pandemi covid-19 menggerus seluruh aspek ekonomi, terlebih sektor parekraf nasional sejak setahun terakhir.

Tidak hanya itu, beragam bencana alam yang melanda sebagian wilayah Nusantara juga memicu terpuruknya sektor parekraf saat ini.

"Kerangka kerja sudah kami bangun, yaitu sebab dan akibat krisis sektor parekraf yang sedang dihadapi saat ini. Ada dua faktor, antara lain alam dan non alam, karena itu data-data terus kita kumpulkan untuk menjadi bagian pengolahan big data kita," papar Sandiaga Uno pada Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Beri Dukungan, Wakil Menkeu Sebut Vaksin Covid-19 Jadi Langkah Awal untuk Pulihkan Ekonomi

Baca juga: Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Meski Sudah Divaksin 2 Kali, Kapuskes TNI Jelaskan Soal Kekebalan

Lewat data terhimpun, pihaknya akan memetakan solusi yang dapat dihadirkan sejalan dengan skala krisi yang dihadapi masing-masing destinasi wisata.

Solusi yang dihadirkan di antaranya kesiapsiagaan hingga tanggap darurat bencana serta pemulihan kawasan wisata pasca bencana.

"Respon ini membawa kita ke kerangka kerja yang bisa mempercepat pemulihan normalisasi ini. Jadi ada beberapa langkah terdiri dari kesiapsiagaan, tanggap darurat, dan pemulihan," papar Sandiaga Uno.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved