Breaking News:

PANTAS Jenderal Andika Perkasa Kirim Pasukan Kalajengking, Habisi Kebrutalan KKB Papua, Ini Hebatnya

Masih bersiaga menghadapi ketegangan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, TNI disebut baru saja mengirim pasuka elite khusus.

Via Intisari Online
Kolase korps kalajengking hitam dan kendaraan M113 yang unggul di Vietnam 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Masih bersiaga menghadapi ketegangan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, TNI disebut baru saja mengirim pasuka elite khusus.

Pasukan yang dikirimkan adalah korps kalajengking hitam atau Batalion Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 412 Kostrad.

Dilansir dari laman resmi Divisi Infanteri 2 Kostrad, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, meninjau latihan siap Pratugas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jumat (12/3/2021).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengecek secara langsung kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad yang akan mengemban tugas operasi Satgas Pamtas Mobile di wilayah Papua.

Ilustrasi KKB Papua.
Ilustrasi KKB Papua. (Facebook TPNPB)

Latihan siap pratugas ini dilaksanakan selama 14 hari guna menyiapkan dan memberi pembekalan kepada seluruh prajurit.

Yonif Mekanis Raider 412 adalah salah satu Batalyon Infanteri di jajaran Brigade Infanteri Mekanis 6/Trisakti Baladaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad.

Melansir Wikipedia, pasukan ini awalnya terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Panglima Tertinggi – VII/Dip nomor KPTS/58/7/1959 tanggal 15 Juli 1959 dan diresmikan pada tanggal 1 Agustus 1959 oleh Pangdam VII/Diponegoro Kolonel Inf Soeharto bertempat di alun-alun Purworejo.

Baca juga: TAK SEPILU Perannya, Ini Kisah 5 Artis FTV Suara Hati Istri, Bahagia Dinikah TNI Hingga Bule Tampan

Dengan adanya restrukturisasi batalyon se-Kodam VII/Diponegoro berdasarkan Surat Keputusan Pangdam VII/Diponegoro nomor Kep/38/8/1965 tanggal 1 Agustus 1965, maka Yonif 451 dilebur menjadi Yon "L" dengan tunggul berintikan gambar Ketunggeng "Scorpio" dengan nama "Bharata Eka Shakti".

Korps ini memiliki kendaraan lapis baja yaitu M113.

Kendaraan itu sendiri begitu melegenda.

Halaman Selanjutnya >

Ikuti kami di
Editor: galuh palupi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved