Breaking News:

Jalani Sidang Perdana, Ini Sederet Kasus Hukum Rizieq Shihab dari Era Megawati, SBY hingga Jokowi

Berikut deretan kasus yang menyeret Rizieq Shihab ke pengadilan dari era Megawati, SBY, hingga Jokowi.

Editor: ninda iswara
Istimewa/Kolase TribunKaltim
Rizieq Shihab 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Berikut deretan kasus yang menyeret Rizieq Shihab ke pengadilan dari era Megawati, SBY, hingga Presiden Jokowi.

Mantan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menjalani sidang perdananya di secara daring pada Selasa (16/3/2021).

Sidang digelar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Sidang tersebut menyangkut tiga kasus yang membuat Rizieq berstatus terdakwa yakni kerumunan di Petamburan, kerumunan di Megamendung, dan kasus tes usap (swab) di RS Ummi Bogor.

Ketiga kasus tersebut berkaitan dengan pelanggaran protokol kesehatan dan pengendalian wabah Covid-19. Ketiga kasus tersebut berlangsung di era kepresidenan Joko Widodo.

Adapun sidang kali ini bukan yang pertama bagi Rizieq.

Ia sebelumnya juga pernah menjalani persidangan di era kepresidenan Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga: Sidang Ricuh, Rizieq Shihab Mendadak Hilang dari Layar, Kuasa Hukum Teriak Emosi: Tolong Dibuka!

Baca juga: Daftar Kasus Hukum Selama Pandemi Covid-19, Picu Kerumunan, Rizieq Shihab & Rhoma Irama Terseret

Sejumlah kuasa hukum terdakwa Rizieq Shihab berteriak ke arah Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan hakim dalam persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Cakung, Jakarta Timur pada Selasa (16/3/2021) siang.
Sejumlah kuasa hukum terdakwa Rizieq Shihab berteriak ke arah Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan hakim dalam persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Cakung, Jakarta Timur pada Selasa (16/3/2021) siang. (KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO)

Saat itu Rizieq terjerat kasus perusakan sejumlah tempat hiburan pada 2003 dan penyerangan terhadap massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan atau AKKBB pada peristiwa Insiden Monas, 1 Juni 2008.

Dalam kasus perusakan terhadap tempat hiburan di Jakarta, Rizieq divonis 7 bulan penjara.

Adapun dalam kasus penyerangan di Monas ia divonis 1,5 tahun penjara

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved