Breaking News:

Penanganan Covid

Hasil Uji Coba Terbaru Buktikan Vaksin AstraZeneca Efektif Cegah Penyakit Serius, Aman untuk Lansia

Suntikan vaksin Oxford / AstraZeneca menawarkan perlindungan 100% terhadap kasus Covid-19 yang parah.

JUSTIN TALLIS / AFP
Ilustrasi vaksin Covid-19 dari Universitas Oxford dan AstraZeneca, diambil pada 17 November 2020. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Suntikan vaksin Oxford / AstraZeneca menawarkan perlindungan 100% terhadap kasus Covid-19 yang parah, menurut uji coba baru yang dilansir Mirror.

Vaksin ini juga 79% efektif dalam mencegah datangnya virus.

Hasil tersebut didapat dari data baru uji coba yang dipimpin Amerika Serikat yang melibatkan lebih dari 32.000 peserta di sana serta di Chili dan Peru.

Amerika diharapkan menyetujui vaksin dalam beberapa minggu karena Uni Eropa mengancam untuk memblokir dosis yang diekspor ke Inggris.

Temuan menunjukkan vaksin Oxford / AstraZeneca sama aman dan efektif pada kelompok yang lebih tua dan tidak ada risiko terjadinya penggumpalan darah.

Seorang pekerja medis menyusun dosis vaksin Oxford / AstraZeneca untuk melawan penyakit virus corona, yang dipasarkan dengan nama Covishield dan diproduksi di India, dalam jarum suntik selama vaksinasi para imam di Kiev pada 16 Maret 2021.
Seorang pekerja medis menyusun dosis vaksin Oxford / AstraZeneca untuk melawan penyakit virus corona, yang dipasarkan dengan nama Covishield dan diproduksi di India, dalam jarum suntik selama vaksinasi para imam di Kiev pada 16 Maret 2021. (Sergei SUPINSKY / AFP)

Vaksin AstraZeneca telah menjadi subyek kontroversi di Eropa atas kekhawatiran tentang kaitannya dengan pembekuan darah, meski kemudian dinyatakan aman oleh regulator di Inggris dan Uni Eropa.

Hasil penelitian terbaru tersebut menunjukkan bahwa di antara orang yang berusia 65 ke atas, ada perlindungan 80% terhadap pengembangan Covid-19.

Baca juga: Pemanfaatan Tripsin Babi pada Vaksin AstraZeneca, Kemenkes Beri Penjelasan, Alasan Diperbolehkan

Baca juga: Beda Fatwa MUI Pusat & Jatim Terkait Vaksin AstraZeneca: Pusat Haram tapi Boleh, Jatim Halal

Sebagaimana TribunNewsmaker.com kutip dari Tribunnews.com berjudul : Hasil Uji Coba Terbaru: Vaksin Covid-19 AstraZeneca 100% Efektif Cegah Terjadinya Penyakit Serius, sebanyak 141 kasus gejala Covid-19 dilaporkan dalam uji coba baru.

Tingkat efektivitas terhadap kasus bergejala bahkan lebih tinggi daripada yang diamati dalam uji klinis yang dipimpin Oxford.

Badan pemantauan keamanan data independen (DSMB) juga mengidentifikasi tidak ada masalah keamanan yang berkaitan dengan vaksin.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved