Breaking News:

Kecelakan Sriwijaya Air

BREAKING NEWS! Black Box Sriwijaya Air Ditemukan, Terjawab Teka-teki Percakapan Pilot Captain Afwan

Breaking news! Siang ini KNKT bongkar isi black box Sriwijaya Air SJ-182 yang baru saja ditemukan, terjawab teka-teki percakapan pilot Captain Afwan.

Tribun Network
Kecelakaan Sriwijaya Air Sabtu 9 Januari 2021 di perairan Kepulauan Seribu 

TRIBUNNEWSMAKER.COM, JAKARTA - Breaking news! Siang ini KNKT bongkar isi black box Sriwijaya Air SJ-182 yang baru saja ditemukan, terjawab teka-teki percakapan pilot Captain Afwan dan Air Traffic Controller (ATC) Bandara Soekarno Hatta sesaat sebelum pesawat jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Januari 2021 lalu.

Ya, black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, 9 Januari 2021 akhirnya berhasil ditemukan.

Kabar itu disampaikan Adita Irawati, juru bicara Kementerian Perhubungan RI saat dikonfirmasi Tribunnews pagi ini, Rabu (31/3/2021).

"Iya sudah ditemukan, nanti jam 11 diumumkan," ungkap Adita, TribunNewsmaker.com kutip dari Tribunnews.com BREAKING NEWS Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan

Black box yang ditemukan ini berisi berisi cockpit voice recorder (CVR) atau rekaman percakapan pilot pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Baca juga: MOMEN Sriwijaya Air SJ-182 Hampir Bertemu AirAsia Sesama Rute ke Pontianak, Sebelum Tragedi Terjadi

Ilustrasi penerbangan dalam cuaca kurang bersahabat
Ilustrasi penerbangan dalam cuaca kurang bersahabat (pikist.com)

Adita belum bersedia membeber lebih jauh ihwal detil penemuan black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 tersebut. "Nanti akan diumumkan," ujarnya.

Cerita Menhub Budi Kronologi dan Lokasi Ditemukannya Black Box CVR Sriwijaya Air SJ 182

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menceritakan kronologi singkat ditemukannya black box cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air penerbangan SJ-182.

Menhub Budi mengatakan, bahwa pihaknya bersama Basarnas, KNKT, TNI serta Polri terus melakukan pencarian CVR secara intensif dan mendetail.

Ilustrasi black box - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi memeriksa kondisi bagian dari kotak hitam (black box) pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang telah ditemukan oleh tim SAR gabungan di KR Baruna Jaya I, di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018). Bagian dari kotak hitam tersebut diserahkan ke pihak KNKT untuk dilakukan investigasi lebih lanjut.
Ilustrasi black box - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi memeriksa kondisi bagian dari kotak hitam (black box) pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang telah ditemukan oleh tim SAR gabungan di KR Baruna Jaya I, di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018). Bagian dari kotak hitam tersebut diserahkan ke pihak KNKT untuk dilakukan investigasi lebih lanjut. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sehingga, pada Selasa (30/3/2021) malam, black box CVR Sriwijaya Air itu berhasil ditemukan.

Hal itu disampaikan Menhub Budi Karya saat mengumumkan temuan CVR Sriwijaya Air di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

"Kita memang lakukan (pencarian CVR, red) dengan sistematis dan Alhamdulillah semalam jam 20.00 WIB, ditemujan dari tempat yang tidak jauh ditemukannya FDR," kata Budi Karya.

Budi pun melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penemuan black box cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air penerbangan SJ-182. 

"Secara teknis, penemuan ini sudah dilaporkan ke kami dan kami sudah lapor ke presiden bahwa ini sudah ditemukan," kata Budi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved