Breaking News:

Penanganan Covid

JELANG Puasa Ramadhan 2021, Satgas Covid-19 Terus Godok Pedoman Ibadah di Bulan Suci 1442 Hijriah

Perkembangan pedoman Satgas Covid-19 yang masih digodok ditujukan untuk ibadah di bulan Ramadhan.

Kolase TribunNewsmaker.com/ Istimewa
Gerakan virus corona diamati dari mikroskop 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pandemi Covid-19 masih terjadi di Indonesia pada bulan suci ramadan 1442 hijriah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah masih menggodok pedoman teknis maupun fatwa ibadah di bulan ramadan di tengah Pandemi Covid-19, termasuk salat tarawih berjamaah.

"Terkait pedoman teknis maupun fatwa ibadah di bulan ramadan, masih dalam tahap pembahasan dan akan segera disampaikan kepada masyarakat jika sudah rampung," kata Wiku, Kamis (1/4/2021).

Pada prinsipnya kata dia, pemerintah berupaya untuk tetap menjamin hak masyarakat dalam beribadah sesuai kepercayaan masing-masing.

"Dan tetap menjaga keamanan terhadap potensi penularan Covid-19," katanya.

Sebelumnya sejumlah daerah telah mengeluarkan izin pelaksanaan salat tarawih berjamaah pada bulan puasa nanti, di antaranya Sulawesi Selatan.

Sementara itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan surat edaran berisi tuntunan ibadah bulan suci Ramadan 1442 Hijiriah.

Adapun surat edaran bernomor 03/EDR/I.0/E/2021 itu berisi 13 poin tentang anjuran ibadah umat muslim khususnya warga Muhammadiyah, di bulan suci Ramadhan 2021.

Adapun 13 poin pedoman tersebut adalah sebagai berikut:

1. Puasa Ramadan wajib dilakukan kecuali bagi orang yang sakit dan kondisi kekebalan tubuhnya tidak baik. Orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, baik bergejala dan tidak bergejala (OTG) masuk dalam kelompok orang yang sakit.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Candra Isriadhi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved