Breaking News:

WASPADA Bibit Siklon Tropis, Beberapa Wilayah di Indonesia Terkena Dampak, Simak Penjelasannya

Badan Meteorologi dan Geofisika memberikan peringatan dini kepada masyarakat bahwa di Indonesia telah terjadi bibit siklon tropis.

TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Bibit siklon tropis akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia dari 4-7 April 2021, bibit siklon tropis adalah badai yang berkekuatan besar. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Inilah penjelasan mengenai bibit siklon, terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Badan Meteorologi dan Geofisika memberikan peringatan dini kepada masyarakat bahwa di Indonesia telah terjadi bibit siklon tropis.

Dikutip dari bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 99S terpantau di Laut Sawu selatan NTT yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Selat Makassar hingga NTT bag Utara dan di laut Timor.

Kondisi ini membentuk Low Level Jet yang memanjang di Laut Flores, NTT, Laut Timor dan perairan Selatan NTT.

Bibit Siklon Tropis 90S juga terpantau di perairan barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Sumatera Selatan hingga Jawa Barat serta membentuk Low Level Jet yang memanjang dari Samudera Hindia Barat Sumatera hingga Selatan Banten.

Hal ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di daerah sekitar Bibit Siklon Tropis dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Tribunnews Waspada Bibit Siklon Tropis Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia! Berikut Penjelasannya, bBibit siklon 99S dan 90S juga meningkatkan kecepatan angin (>25 kts) dan ketinggian gelombang (>2,5 meter) di sepanjang Low Level Jet tersebut.

Bibit siklon 99 Seroja.
Bibit siklon 99 Seroja. (Istimewa)

Sementara berdasarkan analisis terbaru tanggal 04 April 2021 pukul 19.00 WIB, bibit siklon tropis 99S berada di posisi Perairan Kep. Rote, Nusa Tenggara Timur, 10.3LS, 123.5BT (sekitar 24 km sebelah barat daya Kupang) dengan arah pergerakan sistem ke arah Timur hingga timur laut.

Baca juga: SEBABKAN Bencana Besar dan Cuaca Ekstrem di NTT, Ternyata Ini Arti dari Siklon Tropis Seroja

Baca juga: KONDISI Korban Banjir Bandang Adonara Flores Timur NTT, Lapar, Penuh Luka hingga Kehilangan Keluarga

Bibit siklon tropis bergerak dengan kecepatan 3 knots (6 km/jam), menjauhi wilayah Indonesia.

Kecepatan angin maksimum disekitar sistemnya adalah 30 knots (55 km/jam) dengan tekanan di pusat sistemnya mencapai 996 hPa.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved