Breaking News:

DAFTAR IDE Buat Status WhatsApp, Ucapan Selamat Berbuka Puasa Ramadhan 2021, Gaul, Keren, Kekinian!

Berikut adalah ucapan selamat puasa Ramadhan 2021 yang bisa digunakan untuk status WhatsApp.

freepik.com
Bulan Ramadhan 1442 H. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Berikut adalah ucapan selamat puasa Ramadhan 2021 yang bisa digunakan untuk status WhatsApp.

Hari pertama Puasa Ramadhan 2021 dimulai hari Selasa (13/4/2021) hari ini.

Umat muslim di Tanah Air sudah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1442 hijriah atau 2021.

Bulan Ramadhan ini untuk kesekian kalinya umat melatih dan menempa lahir batin untuk senantiasa disiplin dalam segala hal, baik hubungan kepada Allah SWT dan kepada manusia.

Dilansir Tribunjogja.com dari imasislam.kemenag.go.id, Puasa adalah menahan makan dan minum dimulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari pada waktu masuknya sholat maghrib.

Pada waktu berpuasa ini seorang yang berpuasa (Shaim) dilarang untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa.

Ucapan selamat ramadhan 1442 H
Ucapan selamat ramadhan 1442 H (Freepik)

Misalnya makan, minum, berhubungan suami istri di siang ramadhan, muntah dengan sengaja, atau memasukkan semua barang-barang baik benda cair atau padat ke dalam lobang-lobang yang ada di tubuh si shaim.

Hal ini dapar dipahami bahwa seorang yang berpuasa harus menahan kebutuhan yang sifatnya Phisik-Biologis (jasadiyah atau jasmaniyah).

Selain itu ditambah lagi dengan larangan-larangan yang lain seperti berkata-kata kotor, berbohong (penipuan), sumpah palsu, melihat orang lain dengan syahwat, melakukan adu domba, menggunjing orang lain ataudisebut dengan perilaku psikologis manusia.

Artinya dari beberapa larangan yang harus dihindari orang yang berpuasa, sebenarnya manusia diharapkan dapat mengendalikan kebutuhannya sebagai energi pemasok syahwat yang paling utama.

Puasa Ramadan dari aspek ini merupakan pengendalian diri dari hegemoni nafsu syahwat dan pemisahan diri dari kebiasaan buruk dan maksiat, sehingga memudahkan bagi seorang hamba untuk menerima pancaran cahaya ilahiyah.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Candra Isriadhi
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved