Breaking News:

Penanganan Covid

Bisa Rusak, Distribusi Vaksin Covid-19 Tak Boleh Pakai Cooler Box Makanan, Punya 4 Sistem Penguncian

Selain soal produk vaksinnya sendiri, tantangan utama adalah soal distribusi vaksin.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas kesehatan Puskesmas dibantu petugas kepolisian mengambil Vaksin Covid-19 Sinovac saat didistribusikan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Jawa Barat, Rabu (13/1/2021). Dinas Kesehatan Kota Bandung mendistribusikan 25 ribu dosis vaksin Covid-19 Sinovac ke 80 puskesmas, 34 rumah sakit serta klinik-klinik di Kota Bandung untuk kebutuhan vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Di negara yang wilayah geografisnya besar seperti Indonesia, kotak dingin penyimpan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri ternyata diminati beberapa negara di Afrika dan Amerika Latin. 

Kotak tersebut adalah Insulated Vaccine Carrier (IVC) buatan Technoplast Indonesia yang sudah dipakai oleh Pemerintah Indonesia untuk mendistribusikan vaksin Covid-19.

Direktur Utama Technoplast, Ellies Kiswoto mengatakan pihaknya sudah menerima permintaan dari beberapa negara untuk menyukseskan vaksinasi covid.

"Yang tertarik untuk produk ini adalah negara yang wilayahnya challenging seperti di Afrika dan Amerika Latin seperti Argentina. Karena secara geografis tersebar mirip seperti Indonesia," kata Ellies Kiswoto, dalam diskusi virtual interaktif 'Tantangan Distribusi Vaksin Covid-19 ke Seluruh Pelosok Indonesia', Selasa (20/4/2021).

Ellies mengisahkan bahwa produk ini sebenarnya dimulai dari keinginan membantu masyarakat dan Pemerintah Indonesia yang harus menerima vaksin sebagai salah satu jalan keluar dari pandemi.

Selain soal produk vaksinnya sendiri, tantangan utama adalah soal distribusi vaksin.

Sebagai contoh, vaksin Sinovac yang selama ini dipakai, hanya bisa bertahan jika berada pada suhu 2-8 derajat celcius.

Baca juga: PENTING Hal Ini yang Boleh Dilakukan Sebelum dan Sesudah Vaksinasi Covid-19, CATAT

Baca juga: Kisruh Vaksin Nusantara, BPOM, Menkes & KSAD Teken Nota Kesepahaman, Penelitian Lanjut dengan Syarat

Ellies Kiswoto
Ellies Kiswoto (Istimewa)

Jika selama distribusi, khususnya ke wilayah yang jauh dari Jakarta, suhunya di luar itu, maka vaksin yang langka dan mahal itu bisa rusak.

"Kami menemukan bahwa selama ini cooler box tanpa ada kontrol suhu. Yang tersedia hanya cooler box untuk makanan atau untuk memancing," ujar Ellies sambil tertawa, seperti yang TribunNewsmaker.com kutip dari Tribunnews.com berjudul : Vaksin Covid Bisa Rusak, Distribusinya Tak Boleh Pakai Cooler Box Makanan atau Memancing

Akhirnya, bersama tim riset di Technoplast, Eliies dan kawan-kawan berhasil membangun produk cooler box yang suhunya bisa dipantau dan memastikan suhu bisa bertahan hingga 57 jam.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: ninda iswara
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved