Breaking News:

JATENG atau Jawa Tengah Jadi Provinsi dengan Cakupan Vaksinasi Covid-19 Lansia Terbesar di Indonesia

Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi penyumbang cakupan vaksinasi lansia terbesar di Indonesia.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Contoh (dummy) vaksin covid saat simulasi vaksinasi Covid-19. Cek nama penerima Vaksin Covid-19 gratis tahap awal di pedulilindungi.id dengan NIK. Simak caranya. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi penyumbang cakupan vaksinasi lansia terbesar di Indonesia.

Bahkan rata-rata nasional vaksinasi lansia di Jawa Tengah juga jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional, yang mana pada dosis pertama sebesar 13,18% dan dosis kedua mencapai 8,85%.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengungkapkan

cakupan vaksinasi lansia dosis satu dan dua jauh diatas cakupan nasional.

Yakni masing-masing 28,95 persen dan 22,67 persen.

VAKSINASI LANSIA - Sebanyak 210 lansia menerima suntikan vaksin Covid-19, di Posyandu Garuda Rw 08 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu (10/3/2021).
Sebanyak 210 lansia menerima suntikan vaksin Covid-19, di Posyandu Garuda Rw 08 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu (10/3/2021). (WARTA KOTA/NUR ICHSAN )

"Ini luar biasa sekali dengan strategi dan kolaborasi yang baik antar stakeholder terkait,” kata Sekjen dalam sambutannya di peresmian Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah Selasa (25/5/2021).

Capaian ini tidak terlepas dari kontribusi Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah, salah satunya Kabupaten Grobogan yang menjadi 10 besar penyumbang vaksinasi lansia di Provinsi Jawa Tengah.

Pihaknya menekankan capaian-capaian ini bisa terus ditingkatkan agar target 100% cakupan vaksinasi lansia di Provinsi Jawa Tengah dapat segera terealisasi.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Terbukti Efektif Melawan Covid-19 Varian India, Ini Penjelasannya

“Tentu kita tidak boleh cepat berpuas diri karena tantangan yang harus dicapai untuk vaksinasi lansia masih cukup besar,” tuturnya.

Sekjen berpesan kepada keluarga serta para Lurah/Kepala Desa beserta jajaran di tingkat RW dan RT, diharapkan dapat memberikan dukungan dan kerja sama untuk memastikan bahwa lansia di wilayah kerjanya telah divaksinasi COVID 19 mengingat mereka merupakan kelompok rentan sehingga perlu mendapat perlakuan khusus.

“Kami berharap melalui kegiatan ini cakupan vaksinasi COVID-19 pada lansia meningkat dengan cepat sehingga semakin banyak lansia yang terlindungi dari bahaya COVID-19. Ini adalah bukti nyata kasih sayang dan bakti kita pada para orangtua/lansia,” pesan Sekjen Oscar.

Catatan Redaksi:

Bersama kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

(Tribunnews.com/Rina Ayu Panca Rini)

#Covid-19 #JawaTengah #Vaksinasi

Ikuti kami di
Editor: Candra Isriadhi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved