Breaking News:

Penanganan Covid

Soal Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak, Kemenkes Masih Tunggu Rekomendasi dari IDAI dan ITAGI

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, saat ini pemerintah belum memasukan anak-anak usia 18 tahun ke bawah.

freepik
Ilustrasi suntik vaksin Covid-19 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, saat ini pemerintah belum memasukan anak-anak usia 18 tahun ke bawah sebagai prioritas penerima vaksin Covid-19, meski pembelajaran tatap muka (PTM) akan dimulai pada Juli mendatang.

Alasannya, Kementerian Kesehatan masih menunggu rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ITAGI, dan organisasi profesi lain.

Sebagaimana dikutip Tribunnewsmaker.com dari Tribunnews Tribunnews.com dengan judul Kemenkes Tunggu Rekomendasi IDAI dan ITAGI Terkait Vaksin Covid-19 Untuk Anak, menurut Nadia, di tingkat global sekali pun vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak belum semasif kelompok usia di atas 18 tahun.

Selain itu, merk vaksin yang telah ditetapkan aman dan efektif bagi anak-anak sangat terbatas.

"Artinya jenis vaksin untuk anak itu dari merk vaksin yang ada atau harus mencari jenis vaksin baru. Kalau harus mencari jenis vaksin baru, ya berarti harus minggu lagi kan pemerintah. Belum tentu produsen vaksinnya punya stok vaksin," kata Nadia.

Baca juga: Pesan Menkes, Kasus Covid-19 Diprediksi akan Terus Naik hingga Akhir Juni, Tetap Disiplin Prokes

Baca juga: UPDATE Virus Corona Nasional Senin 31 Mei 2021, Kasus Covid-19 Jabar Menurun, Jawa Tengah Melonjak

"Jadi proses itu kita tunggu saja, rekomendasi khususnya dari Badan POM, ITAGI, dan IDAI terkait pemilihan vaksin," lanjut dia.

91,9 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi mengatakan hingga saat ini Indonesia memiliki 91,9 juta dosis vaksin.

Jumlah tersebut baru mememenuhi 21 persen dari total kebutuhan vaksin Indonesia.

Diketahui untuk bisa membentuk herd imunity atau kekebalan kelompok bagi 181,5 juta penduduk Indonesia dibutuhkan sekitar 426 juta dosis vaksin.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Listusista Anggeng Rasmi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved