Breaking News:

Haji 2021

Prosedur dan Cara Pengembalian Dana Haji Reguler & Khusus bagi Jamaah yang Batal Berangkat di 1442 H

Para jamaah haji 1442 H atau 2021 batal diberangkatkan, berikut ini cara dan prosedur pengembalian dana haji reguler dan khusus

AFP/BANDAR ALDANDANI
Kabah. Gambar diambil pada 31 Mei 2019 dari Mecca Royal Hotel Clock Tower. (AFP/BANDAR ALDANDANI) 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Jamaah haji batal berangkat di tahun 2021/ 1442 H, ini cara dan prosedur pengembalian setoran lunas biaya haji reguler dan khusus.

Seperti diketahui, Pemerintah telah memutuskan untuk kembali tidak melakukan pemberangkatan jemaah pada penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M.

Hal itu tidak lepas dari situasi pandemi virus corona yang masih berlangsung dan juga munculnya varian baru Covid-19 yang berkembang di sejumlah negara.

Pemerintah memilih mengutamakan kesehatan serta keselamatan jiwa jemaah sehingga memutuskan untuk tidak memberangkatkan haji tahun ini.

Adapun bagi calon jemaah haji batal berangkat dapat menarik kembali setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang telah dibayarkan.

Hal itu seperti tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

“Calon jemaah haji batal berangkat tahun ini dan sudah melunasi Bipih, dapat mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan,” ujar Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU), Ramadan Harisman, dikutip dari laman Kemenag, Minggu (06/06/2021).

Meski diambil setoran pelunasannya, jemaah tidak kehilangan statusnya sebagai calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 1443 H/2022 M.

Berikut tahapan pengembalian setoran pelunasan Bipih Reguler berdasarkan ketentuan KMA 660/2021:

1. Jemaah haji mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan Bipih secara tertulis kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota (Kankemenag Kab/Kota) tempat mendaftar haji dengan menyertakan:

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved