Breaking News:

Penanganan Covid

ATASI Lonjakan Kasus Covid-19 di Kudus dan Bangkalan, Menkes Miliki Strategi Khusus Hadapi Pandemi

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah fokus pada penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 di Kudus dan Bangkalan.

ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Parlemen, Senayan, (13/1/2021) 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah fokus pada penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 di dua daerah dengan lonjakan kasus signifikan yakni di Kudus dan Bangkalan.

Untuk itu sejumlah strategi kini mulai dilakukan agar kasus penularan dapat dikendalikan.

Setidaknya ada 3 langkah yang dilakukan, mulai dari kesiapan rumah sakit rujukan hingga tambahan vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Budi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan melalui youtube Sekretariat Presiden, Senin (7/6/2021).

Pertama, pemerintah mengurai tekanan beban di rumah sakit dengan cara merujuk pasien yang berat dan sedang ke Kota terdekat untuk kudus ke Semarang, untuk Bangkalan ke Surabaya.

"Dan alhamdulillah kapasitas rumah sakit di Semarang dan juga kapasitas rumah sakit di Surabaya itu cukup, untuk bisa menerima rujukan dari daerah Kudus dan Bangkalan," kata dia

Kemudian, untuk mengurangi tekanan di rumah sakit di Kudus dan Bangkalan, pemerintah juga telah mengirimkan dokter kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat nasional Indonesia atau PPNI untuk mengisi dan mengurangi tekanan dari tenaga kesehatan yang cukup banyak terpapar Covid-19.

Ilustrasi pemakaman jenazah Covid-19.
Ilustrasi pemakaman jenazah Covid-19. (Kompas.com/Garry Lotulung)

Kedua, mantan wakil menteri kesehatan ini mengimbau agar semua kepala daerah untuk memastikan protokol kesehatan (memakai masker menjaga jarak mencuci tangan) harus diperketat dan harus juga dijelaskan dengan baik.

"Juga kepastian testingnya. Lakukan testing dengan disiplin, saya minta tolong dilaporkan secara lengkap. Lalu tracing dan penting isolasi Mandiri," ungkapnya.

Ia mengatakan, jika terbukti positif, 80 persen Covid-19 dapat sembuh sendiri, tapi membutuhkan tempat isolasi supaya tidak menularkan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Candra Isriadhi
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved