Breaking News:

Penanganan Corona

OBAT CACING Invermectin Mendadak Melonjak Harganya Capai Rp 500 Ribu, Disebut Ampuh Sembuhkan Covid

Ivermectin, obat yang saat ini tengah diuji klinik BPOM sebagai terapi covid-19 rencana akan dproduksi massal dengan harga murah.

Editor: galuh palupi
KONTAN
Ilustrasi obat Invermectin 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Ivermectin, obat yang saat ini tengah diuji klinik BPOM sebagai terapi covid-19 rencana akan diproduksi massal dengan harga murah.

Menteri BUMN, Erick Thohir mewakili Pemerintah memastikan rakyat akan mendapat obat terapi murah untuk pencegahan dan penyembuhan dari virus SAR Cov-2.

Erick mengatakan, persiapan pun sudah dilakukan PT Indofarma untuk memproduksi obat Ivermectin secara massal.

Sehingga ketika uji klinis selesai dilakukan dan izin edar sudah dikeluarkan BPOM, maka obat tersebut siap diproduksi besar-besaran dalam waktu singkat.

Erick Thohir kenalkan obat Ivermectin
Erick Thohir kenalkan obat Ivermectin (Instagram @erikthohir)

"Secara infrastruktur kami siap untuk memproduksi Ivermectin secara massal,” ujar Menteri Erick dalam keterangannya, Senin (28/6/2021).

Penyediaan obat terapi Covid-19 yang murah memang menjadi perhatian utama Menteri Erick Thohir.

Hal ini tak lain agar masyarakat yang lebih memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan pokok di tengah pandemi ini tidak lagi terbebani dengan harga obat yang mahal.

Menurut rencana, harga obat terapi Ivermectin akan dibanderol dengan harga antara Rp5.000 hingga Rp7.000 setiap tabletnya.

Namun faktanya, masyarakat justru mendapati harga ivermectin dengan harga selangit. Jauh dari harga banderol yang disebut Erick Thohir.

Mengutip Kompas.com di beberapa e-commerce atau marketplace pada Rabu (30/6/2021), harga Ivermectin dibanderol jauh di atas harga yang disampaikan Erick Thohir.

Di Shopee misalnya, harga per setrip (isi 10 tablet) produk dengan merek dagang Ivermax 12 mg tersebut ada yang dibanderol hingga Rp 530.000.

Namun, kebanyakan seller mematok harga Rp 200.000-an hingga Rp 350.000-an.

Salah satu toko dengan penjualan Ivermax paling laris di Shopee mamatok harga obat dengan izin edar sebagai obat cacing itu Rp 299.999. Seller tersebut sudah menjual 290 Ivermax.

Sementara itu, di Tokopedia, obat Ivermax dibanderol dengan harga tertinggi Rp 425.000 per setrip.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved