Breaking News:

Penanganan Covid

Sejumlah Maskapai Penerbangan Lakukan Vaksinasi Covid-19 untuk Penumpang, Ini Jadwal & Lokasinya

PPKM ketat, sejumlah maskapai penerbangan memberi layanan vaksinasi untuk calon penumpang

Editor: Talitha Desena
Freepik
Ilustrasi vaksin calon penumpang pesawat 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Maskapai Citilink bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta serta Angkasa Pura II (Persero), dan Garuda Indonesia, menggelar program vaksinasi Covid-19 untuk calon penumpang.

Direktur Utama Citilink Juliandra mengatakan, program vaksinasi Covid-19 kepada calon penumpang diselenggarakan di Bandara Soekarno-Hatta mulai 3 Juli 2021.

"Program ini merupakan komitmen dan wujud nyata dukungan Perusahaan terhadap percepatan program vaksinasi Covid-19 khususnya untuk memperluas akses vaksin bagi masyarakat," kata Juliandra dalam keterangannya, Minggu (4/7/2021).

Ia menjelaskan, melalui program ini diharapkan pihaknya dapat berkontribusi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Adapun lokasi vaksinasi berada di Lounge Umroh Domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

"Program vaksinasi ini akan diselenggarakan mulai tanggal 3 Juli 2021 dan diperuntukkan bagi seluruh penumpang Citilink berusia 12 tahun ke atas yang akan melakukan perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta," kata Juliandra.

Sebelumnya maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyediakan layanan fasilitas vaksinasi Covid-19 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: Apakah Boleh Suntik Vaksin 2 Kali Tapi Beda Merk? Kemenkes Tegas Melarang, Beber Alasannya

Baca juga: Berapa Kadar Saturasi Oksigen yang Normal? Penting untuk Tangani Pasien Covid-19, Ini Penjelasannya

Ilustrasi pesawat terbang.
Ilustrasi maskapai pesawat terbang. (Freepik/onlyyouqj)

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menyebutkan, penyediaan layanan vaksinasi ini tentunya untuk mendukung percepatan program vaksinasi nasional.

"Layanan vaksinasi yang tersedia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini, dapat dimanfaatkan para penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan Garuda Indonesia," ucap Irfan dalam keterangannya, Rabu (30/6/2021).

Irfan menjelaskan, penumpang Garuda Indonesia yang memiliki tiket dengan usia 18 tahun ke atas dapat mengakses layanan vaksinasi Covid-19 baik dosis pertama maupun kedua untuk jenis Sinovac.

Dalam implementasi layanan ini, Irfan mengungkapkan, vaksinasi akan dilaksanakan oleh tenaga kesehatan profesional dari Garuda Sentra Medika (GSM) yang merupakan unit layanan kesehatan Garuda Indonesia serta turut bekerja sama dengan otoritas kesehatan setempat di wilayah Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Pelaksanaan program vaksinasi ini tentunya akan mengacu pada petunjuk pelaksanaan prosedur vaksinasi untuk jenis Sinovac, termasuk ketentuan screening penerima vaksin mengacu pada ketentuan yang berlaku," ucap Irfan.

Layanan vaksinasi ini bertempat di area customer service Garuda Indonesia Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan layanan tersebut tersedia mulai Rabu (30/6/2021) pada pukul 08.00– 14.00 WIB dan dapat diakses secara cuma-cuma.

Para penumpang yang sudah memiliki tiket penerbangan Garuda Indonesia hanya perlu menunjukan tiket serta Kartu Tanda Pengenal (KTP).

"Dalam penyediaan fasilitas layanan vaksinasi ini, Garuda Indonesia akan menyesuaikan dengan ketersediaan alokasi dosis vaksin yang akan disediakan oleh otoritas terkait," kata Irfan.

(Tribunnews.com/Hari Darmawan)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Citilink, Angkasa Pura II, dan Garuda Indonesia Gelar Vaksinasi Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta

Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved