Breaking News:

Penanganan Covid

PPKM Darurat Mulai Diberlakukan, Vaksinasi Covid-19 Tetap Jalan, Kemenkes Singgung Kejar Target

Kini PPKM darurat sudah diterapkan, Kemenkes tegaskan program vaksinasi tetap berjalan.

freepik
PPKM darurat sudah diterapkan, Kemenkes tegaskan program vaksinasi tetap berjalan. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, meski pemerintah membatasi mobilitas dengan pemberlakuan PPKM darurat, program vaksinasi terus berjalan.

Ia menuturkan, faskes, pos, maupun sentra vaksinasi tempat buka dan melayani masyarakat yang ingin menerima suntikan vaksin.

"Tentunya kami berharap masyarakat sesuai dengan jadwalnya itu tetap bisa mendatangi pos-pos, sentra-sentra vaksinasi untuk mendapatkan vaksinasi, karena tetap buka dan tepat melayani vaksinasin," ujar Nadia dalam diskusi FMB9 virtual, Rabu (7/7/2021).

Ia pun mengingatkan, kunci utama pada saat mendatangi sentra atau pos vaksinasi adalah protokol kesehatan, mematuhi aturan pelaksanaan vaksinasi, serta tidak memaksakan diri saat keadaan tidak mendukung.

Baca juga: Belum Dapat SMS? Ini Cara Unduh Sertifikat Vaksin Covid-19 di pedulilindungi.id, Cuma Pakai No HP

Baca juga: Gejala Demam Setelah Vaksin Covid-19 Disebut Pertanda Baik, Tanda Dosisnya Mulai Bekerja pada Tubuh

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada warga saat vaksinasi Covid-19 keliling Polda Metro Jaya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (25/6/2021) malam. Polda Metro Jaya menggelar vaksinasi Covid-19 keliling di kawasan titik pembatasan mobilitas saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro guna mempercepat target pemerintah menjalankan program vaksinasi Covid-19.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada warga saat vaksinasi Covid-19 keliling Polda Metro Jaya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (25/6/2021) malam. Polda Metro Jaya menggelar vaksinasi Covid-19 keliling di kawasan titik pembatasan mobilitas saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro guna mempercepat target pemerintah menjalankan program vaksinasi Covid-19. (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Pertama, hindari kerumunan.

"Jika kemudian pelaksanaan vaksinasi itu sangat padat kita tunda dulu esok hari," kata dia.

Kedua, jangan rebutan atau dulu-duluan untuk memasuki sentra vaksinasi.

"Itu tidak perlu dilakukan karena kemudian pasti akan diatur. Jangan sampai kemudian niat kita mendapatkan vaksinasi tapi kemudian kita terpapar," ungkap Nadia.

Ketiga, kalau pada hari itu jadwal vaksinasi penuh ya karena tidak mendaftar terlebih dahulu melalui pendaftaran elektronik sebaiknya menunda dan tidak memaksakan diri.

Patuhi aturan petugas karena petugas harus menjamin kesehatan itu betul-betul diterapkan pada saat pelaksanaan vaksinasi.

Keempat, setelah divaksin segera pulang ke rumah.

"Jangan mampir-mampir ke tempat lain karena kita tahu kita dalam pelaksanaan PPKM darurat di Jawa Bali. Di luar Jawa-Bali kami mendorong untuk tetap melaksanakan vaksinasi untuk mencapai 1 juta dosis per hari," harap perempuan berhijab ini.

Catatan Redaksi:
Bersama kita lawan vidur corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PPKM Darurat, Kemenkes: Vaksinasi Jalan Terus Kejar Target 1 Juta Dosis Per Hari

Berita dan artikel lainnya terkait Covid-19 di sini

Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved