Breaking News:

Penanganan Covid

TANYA JAWAB Seputar Vaksin Pfizer: Berapa Efikasi, Seberapa Ampuh hingga Bolehkah untuk Remaja?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech.

Editor: ninda iswara
JACK GUEZ / AFP
Gambar ini diambil pada 12 Juli 2021 menunjukkan botol vaksin virus corona COVID-19 Pfizer-BioNTech di atas meja di sebelah klinik rawat jalan Pusat Kardiovaskular di Pusat Medis Sheba dekat Tel Aviv, Israel. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech.

Diberitakan Tribunnews sebelumnya, vaksin berbasis mRNA ini nantinya akan mulai masuk ke Indonesia pada Agutus mendatang.

Indonesia telah mengamankan 50 dosis vaksin Pfizer sepanjang tahun ini.

Lantas, apa saja yang kita ketahui tentang vaksin Pfizer?

Mengutip situs resmi WHO, berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar vaksin Covid-19 dari Pfizer.

1. Siapa yang harus divaksin terlebih dahulu?

Karena persediaan vaksin terbatas, maka direkomendasikan agar prioritas diberikan kepada petugas kesehatan terlebih dahulu.

Petugas kesehatan lebih berisiko tinggi terpapar Covid-19.

Setelah itu, vaksin diberikan kepada orang yang lebih tua, termasuk mereka yang berusia 65 tahun atau lebih.

Baca juga: Vaksin Pfizer Dapat Izin dari BPOM, Agustus Diharapkan Sudah Tiba, Sediakan 50 Juta Dosis

Baca juga: Rencana Masuk Indonesia Mulai Agustus 2021, BPOM Proses Izin Darurat Vaksin Covid-19 Pfizer

Vaksinator menyiapkan vaksin Sinovac untuk disuntikan kepada siswa SMAN 20 Jakarta, Kamis (1/7/2021). Pemprov DKI Jakarta memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun dengan menggunakan vaksin Sinovac. Rencanannya, vaksinasi bagi kelompok usia anak-anak itu ditargetkan mencapai 1,3 juta orang di Jakarta.
Vaksinator menyiapkan vaksin Sinovac untuk disuntikan kepada siswa SMAN 20 Jakarta, Kamis (1/7/2021). Pemprov DKI Jakarta memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun dengan menggunakan vaksin Sinovac. Rencanannya, vaksinasi bagi kelompok usia anak-anak itu ditargetkan mencapai 1,3 juta orang di Jakarta. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

2. Siapa lagi yang bisa divaksin?

Vaksin Pfizer aman dan efektif pada orang dengan komorbid, yaitu kondisi yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit parah.

Kondisi itu termasuk hipertensi, diabetes, asma, penyakit paru-paru, hati atau ginjal, serta infeksi kronis yang stabil dan terkontrol.

Studi lebih lanjut diperlukan untuk dampak pada orang yang kekebalannya terganggu.

Rekomendasi sementara adalah orang dengan gangguan kekebalan yang merupakan bagian dari kelompok yang direkomendasikan untuk vaksinasi dapat divaksinasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved