Breaking News:

Penanganan Covid

Pemerintah DIY Inisiasi Gerakan Jaga Warga di Masa PPKM, Wapres Maruf Amin Beri Dukungan Penuh

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dukung penuh upaya pemerintah DIY terkait gerakan Jaga Warga di masa PPKM.

Dokumentasi Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dukung penuh upaya pemerintah DIY terkait gerakan Jaga Warga 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai perlu adanya sinergitas antara pemerintah daerah dan pusat di dalam rangka menekan mobilitas masyarakat di masa PPKM Level 4 ini.

Maka itulah, Ma'ruf mendukung upaya Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengikutsertakan masyarakat dalam menekan mobilitas, satu di antaranya dengan menginisiasi gerakan Jaga Warga di masa perpanjangan PPKM.

“Saya memberi apresiasi kepada jajaran Pemerintah Provinsi DIY atas kerja keras dalam menanggulangi wabah Covid yang secara umum sudah cukup baik,” ujar Wapres dalam keterangan Setwapres yang diterima, Kamis (29/7/2021).

Dirinya berharap pemerintah daerah dan pusat dapat bekerja sama lebih keras lagi untuk mengupayakan keadaan yang lebih kondusif agar secara perlahan masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal.

“Kita harus lebih keras lagi supaya bisa melandai sehingga kehidupan kita bisa normal lagi,” harap Wapres.

Baca juga: Sosok Kapolresta Malang yang Cetuskan Ide Sama Ramah, Program Trauma Healing untuk Pasien Covid-19

Baca juga: MANFAAT Plasma Konvalesen Guna Terapi Penyembuhan Pasien Covid-19, Tak Semua Orang Bisa Donor

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono IX memaparkan data persebaran Covid-19 DIY yang mengalami penurunan di pusat keramaian, seperti wisata perbelanjaan (38%), tempat rekreasi (29%), stasiun/bandara (70%), tempat kerja (25%), namun terjadi kenaikan di sekitar lingkungan perumahan.

Sri Sultan mengkhawatirkan kondisi masyarakat yang memang menunjukkan penurunan kasus di pusat keramaian, tetapi justru berpotensi menimbulkan klaster baru di lingkungan tempat tinggal.

“Ini faktual ya, memang berpindah dari jalan masuk ke rumah, tapi ternyata belum tentu tinggal di rumah, mungkin dari luar desa, masuk ke desa, atau kongko bukan di rumah, berbincang ke rumah tetangganya,” papar Sri Sultan.

Lebih lanjut, sebagai langkah pengetatan mobilitas masyarakat, Pemprov DIY bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) membentuk gerakan yang diberi nama Jaga Warga yang melibatkan masyarakat untuk menjaga kondusivitas dalam menegakkan protokol kesehatan.

“Sehingga kami mencoba berkoordinasi dengan lurah melalui kabupaten, mengerahkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, kami bentuk namanya Jaga Warga,” jelas Sri Sultan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wapres Dukung Upaya DIY Tekan Mobilitas Masyarakat Melalui Jaga Warga

Berita dan artikel lainnya terkait Covid-19 di sini

Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klasemen PON XX Papua

pon xx papua
No Kontingen Jumlah
1 Papua 6 1 1 8
2 Daerah Khusus Ibukota Jakarta 2 2 3 7
3 Bali 1 1 0 2
4 Jawa Barat 0 1 3 4
5 Daerah Istimewa Yogyakarta 0 1 1 2

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved