Breaking News:

Virus Corona

Rasakan Nyeri, Mual, dan Demam Setelah Vaksin Covid-19? Ini Cara Mudah Mengatasinya Menurut Pakar

Nyeri, mual hingga demam sering dirasakan oleh masyarakat setelah suntik vaksin Covid-19. Ini kata pakar untuk mengatasinya.

Penulis: Monalisa
Editor: octaviamonalisa
Freepik dan Star2.com
Ilustrasi demam setelah vaksin Covid-19 

Sementara itu, menurut Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) Hindra Irawan Satari, efek samping dari vaksin hanya berlangsung kurang dari seminggu.

Namun jika efek samping tersebut masih terus berlanjut lebih dari seminggu, maka masyarakat harus segera menghubungi fasilitas layanan kesehatan.

Di sisi lain asisten dokter penyakit menular dari Rutgers New Jersey Amerika Serikat, David J Cennimo menyebut efek samping dari vaksin Covid-19 adalah bentuk reaksi dari vaksin tersebut mulai bekerja.

"Efek samping itu menunjukkan bahwa vaksin yang disuntikkan sedang bekerja.

Vaksin tersebut mengajarkan sistem kekebalan tubuh tentang cara mengenali dan menyerang virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, jika virus itu masuk ke dalam tubuh.
Meskipun beberapa efek samping vaksin mirip dengan gejala infeksi Covid-19, namun dipastikan vaksin tersebut tidak akan menginfeksi hingga membuat kita terular." jelas Dokter David J Cennimo.

(TribunnewsMaker/Octavia Monalisa)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved