Breaking News:

RESMI Perang UEFA Siap Pindahkan Venue Final Liga Champions 2022 Akibat Rusia Serang Ukraina

UEFA siap pindahkan final Liga Champions akibat Rusia perang Ukraina untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Editor: Candra Isriadhi
thisisanfield.com
Drawing Liga Champions 2021/2022 road to Istanbul. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - UEFA siap pindahkan final Liga Champions akibat Rusia serang Ukraina.

Rapat darurat akan digelar UEFA pada hari Jumat (24/2/2022) untuk menyikapi situasi krisis yang terjadi di Ukraina akibat invasi Rusia.

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina memuncak pada Rabu (22/2/2022).

Rusia memutuskan untuk menginvasi Ukraina.

Deklarasi perang Rusia terhadap Ukraina membawa pengaruh ke berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali sepak bola.

Invasi yang dilakukan Rusia membuat Ukraina terpaksa menghentikan kompetisi Premier League mereka, setidaknya hingga 30 hari ke depan.

Selain itu, eskalasi ketegangan antara kedua negara mendorong UEFA, organisator sepak bola tertinggi di Eropa mengadakan rapat darurat pada Jumat (25/2/2022) besok.

Wakil Sekretaris Jenderal UEFA, Giorgio Marchetti, kala memandu drawing atau undian babak 16 besar Liga Champions 2021-2022 di Nyon, Swiss, 13 Desember 2021.
Wakil Sekretaris Jenderal UEFA, Giorgio Marchetti, kala memandu drawing atau undian babak 16 besar Liga Champions 2021-2022 di Nyon, Swiss, 13 Desember 2021. (RICHARD JUILLIART/AFP)

"Menyusul perkembangan situasi antara Rusia dan Ukraina dalam 24 jam terakhir, Presiden UEFA memutuskan untuk mengadakan rapat darurat Komite Eksekutif pada hari Jumat 25 Februari pukul 10:00 CET (16.00 WIB), untuk mengevaluasi situasi dan mengambi keputusan yang diperlukan," demikian bunyi pernyataan resmi UEFA, pada Kamis (24/2/2022).

UEFA mendapatkan tekanan usai sejumlah politisi dari parlemen Eropa mengirimkan surat tertulis.

Isinya, mereka ingin UEFA memindahkan arena final Liga Champions 2022.

Final Liga Champions 2022 dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 28 Mei mendatang di Saint-Petersburg, Rusia.

Permintaan lain dalam surat tertulis tadi adalah agar UEFA mengakhiri kerja sama dengan perusahaan minyak asal Rusia, Gazprom.

“Kami meminta UEFA untuk berhenti mempertimbangkan Saint Petersburg dan kota-kota Rusia lainnya sebagai tempat untuk kompetisi sepak bola internasional dan meminta untuk segera menentukan langkah pertama dan sangat mendesak, arena alternatif untuk final Liga Champions pada 28 Mei 2022," demikian bunyi surat dari politisi parlemen Eropa, seperti dilaporkan oleh The Athletic.

Insiden pengundian babak 16 besar Liga Champions 2021 yang melibatkan mantan pemain Arsenal, Andrey Arshavin.
Insiden pengundian babak 16 besar Liga Champions 2021 yang melibatkan mantan pemain Arsenal, Andrey Arshavin. (RICHARD JUILLIART / UEFA / AFP)

Saat ini, masih ada dua klub Rusia yang terlibat di kompetisi garapan Eropa, yakni Zenit St. Petersburg dan Spartak Moscow.

Zenit dan Spartak sama-sama berkompetisi di Liga Europa.

Zenit ambil bagian dalam play-off menuju fase 16 besar dan diizinkan untuk tetap memainkan laga leg kedua versus Real Betis pada Kamis (24/2/2022) ini, atau Jumat (25/2/2022) dini hari WIB.

Di lain sisi, Spartak Moscow sudah memastikan langkah ke babak 16 besar dan menunggu undian lawan yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat petang, usai UEFA menggelar rapat darurat.

Baca juga: Pertama Dalam Sejarah Eropa Hasil Drawing Liga Champions 2021 Diulang, Ternyata ini Alasannya

(Kompas.com/Sem Bagaskara)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul UEFA Rapat Darurat, Siap Pindahkan Final Liga Champions dari Rusia.

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved