Breaking News:

E-Toll Akan Diganti MLFF Mulai Akhir Tahun 2022, Masuk Jalan Tol Tak Lagi Antre di Pintu Masuk

E-Toll akan diganti MLFF mulai akhir tahun 2022, masuk jalan tol tak lagi antre di pintu masuk.

Editor: Candra Isriadhi
Jasa Marga
Jalan tol Jagorawi merupakan salah satu ruas jalan tol yang meraih peredikat jalan tol terbaik dalam rangka penilaian Jalan Tol Berkelanjutan tahun 2021 oleh Kementrian PUPR. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - E-Toll akan diganti MLFF mulai akhir tahun 2022, teknologi apa itu?

Pemerintah akan mulai menerapkan teknologi Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh berbasih Multi Lane Flee Flow (MLFF).

Dengan teknologi tersebut nantinya pengendara kendaraan yang melalui tol tak akan lagi antre di pintu tol.

Pemerintah akan terlebih dahulu melakukan uji coba di sejumlah ruas jalan tol di Jakarta dan Bali.

Di antaranya Jalan Tol Dalam Kota, Tol Metropolitan Jabodetabek, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Cikampek, dan Tol Bali Mandara.

I Putu Gandi Ginantra selaku Manager Operation dan Maintenance PT Jasamarga Bali Tol mengatakan dengan adanya sistem baru ini nantinya akan dilakukan penjajakan dan sosialisasi terlebih dahulu pada warga Bali yang melintas jalan Tol Bali Mandara.

Ilustrasi jalan tol
Ilustrasi jalan tol (Tribun Jateng)

"Memang masih rencana, nantinya kita akan lakukan sosialisasi dengan sistem baru ini"

"Para pengguna jalan tol bisa melakukan pembayaran non-tunai tanpa tap"

"dengan hanya mengunduh aplikasi electronic-on board unit bernama Cantas pada gawai masing-masing," terang Gandi Ginantra pada Tribun Bali, Selasa (29/3/2022).

Hanya dengan melalui gawai, Cantas dilengkapi dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS).

Gandi Menambahkan nantinya calon pengendara yang melalui jalan Tol Bali Mandara akan melakukan pembayaran secara otomatis melalui aplikasi handphone.

"Nantinya satelit akan mengenali ponsel Anda, dan uang di dompet elektronik ( e-wallet) Anda akan berkurang otomatis, masih belum resmi pemerintah pusat keluarkan kebijakan ini, namun kita dari PT Jasamarga Bali Tol akan siap lakukan masa penjajakan terhadap sistem ini dan lakukan sosialisasi," tutup Gandi.

Jalan Tol Terbaik di Indonesia 2021

Gerbang tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017).
Gerbang tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017). (DOK. PT TRANS MARGA JATENG)

Jalan tol terbaik 2021 di Indonesia, Tol Semarang-Solo miliki rest area terbaik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved