Breaking News:

Kardinal Terpilih dari Timor Leste Hampir Pingsan Saat Dengar Paus Fransiskus Tunjuk Namanya

Kardinal terpilih Timor Leste hampir pingsan saat dengan Paus Fransiskus tunjuk namanya.

Editor: Candra Isriadhi
Istimewa
Uskup Agung Dili Mgr Virgilio do Carmo da Silva, yang akan diangkat menjadi kardinal pada 27 Agustus, terlihat sedang memimpin Misa pada 9 April 2016. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Kardinal terpilih Timor Leste hampir pingsan saat dengan Paus Fransiskus tunjuk namanya.

Pengangkatan Kardinal terpilih terbaru Timor Leste jadi sorotan banyak orang.

Kardinal Timor Leste mengatakan dia benar-benar terkejut dengan pengangkatannya oleh Paus Fransiskus selama akhir pekan.

“Ketika saya mendengar berita ini, saya sangat terkejut sampai hampir pingsan,” kata Uskup Agung Dom Virgilio do Carmo da Silva kepada wartawan 30 Mei. “Saya tidak pernah memimpikan ini, dan saya tidak pernah mencarinya.”

Dia berpikir bahwa keputusan Paus Fransiskus untuk mengangkatnya sebagai kardinal adalah hadiah dari Tuhan kepada umat dan gereja Timor Leste.

Uskup Agung da Silva menyampaikan pesan ini setelah bertemu dengan Presiden Timor Leste Ramos Horta pada Senin 30 Mei 2022 di istana keuskupan agung di Ledicere, Dili.

Baca juga: Ditinggal Orangtua ke Timor Leste, Siswi SMP di NTT Dicabuli Sepupu Hampir Tiap Hari Selama 5 Bulan

Baca juga: Bawa Kabar Pilu Usai Nikahkan Aurel, Krisdayanti Ungkap Kondisi Raul Lemos di Timor Leste: Be Safe

Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta Senin 30 Mei 2022 mengucapkan selamat kepada Uskup Agung Dom Virgilio do Carmo da Silva atas pengangkatannya sebagai kardinal Timor Leste oleh Paus Fransiskus.
Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta Senin 30 Mei 2022 mengucapkan selamat kepada Uskup Agung Dom Virgilio do Carmo da Silva atas pengangkatannya sebagai kardinal Timor Leste oleh Paus Fransiskus. (TATOLI/Francisco Sony)

Uskup Agung mengatakan, "Saya yakin bahwa Paus Fransiskus tidak menawarkan ini kepada saya, Virgilio, melainkan kepada gereja dan masyarakat Timor Leste."

Karena Gereja Katolik Timor Leste baru saja merayakan 500 tahun evangelisasi, dia mengatakan bahwa masyarakat dan gereja Timor Leste lebih layak menerima kebaikan yang luar biasa ini.

“Karena masyarakat dan gereja Timor Leste layak menerima rahmat ini sebagai pengakuan Tuhan melalui Paus, yang telah menginjili selama 500 tahun dan merayakan ulang tahun ke-20 kemerdekaan pada 20 Mei,” kata Uskup Agung Da Silva seperti dilansir Tatoli news.

Dia menyatakan bahwa dia tidak pernah membayangkan menjadi seorang kardinal.

"Saya terkejut karena saya tidak pernah membayangkan atau mencari." Saya tercengang ketika mendengar berita ini. Penunjukan untuk menjadi Kardinal tidak terduga. Tadi malam, saya tidak bisa tidur dengan nyaman,” kata Uskup Agung.

Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, bertemu dengan uskup agung untuk mengucapkan selamat atas nama seluruh negeri.

"Saya datang ke sini untuk mengucapkan selamat kepada masyarakat dan gereja Timor Leste dan Uskup Agung Dom Virgilio dan berterima kasih kepada Paus Fransiskus karena mengangkat Uskup Agung Dom Virgilio menjadi kardinal bagi Gereja Timor Leste."

Paus Fransiskus mengangkat Uskup Da Silva sebagai uskup Dili pada 30 Januari 2016.

Uskup Agung Dili Mgr Virgilio do Carmo da Silva, yang akan diangkat menjadi kardinal pada 27 Agustus, terlihat sedang memimpin Misa pada 9 April 2016.
Uskup Agung Dili Mgr Virgilio do Carmo da Silva, yang akan diangkat menjadi kardinal pada 27 Agustus, terlihat sedang memimpin Misa pada 9 April 2016. (Istimewa)
Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved