Breaking News:

SOSOK Zulkifli Hasan, Menteri Baru yang Dilantik Jokowi, Ditelepon Malam-malam: 'Tolong Pak Zul'

Dilantik Jokowi sebagai menteri perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan mengaku ditelepon malam-malam diminta ke Istana Negara keesokan harinya.

Editor: octaviamonalisa
Biro Pers Sekretariat Presiden
Zulkifli Hasan ditemani putrinya dilantik oleh Presiden Jokowi 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Inilah sosok Zulkifli Hasan, menteri baru yang dilantik Presiden Jokowi.

Zulkifli Hasan resmi menjabat sebagai Menteri Perdagangan setelah dilantik Presiden Jokowi, Rabu (15/6/2022).

Sebelum dilantik menjadi Menteri Perdagangan yang baru, Zulkifli Hasan mengaku sempat ditelepon malam-malam untuk datang ke Istana Negara pada keesokan harinya.

"Saya juga baru tahu semalam, semalam saya diberitahu jam 19.00 WIB saya diundang ke Istana," kata Zulkifli kepada wartawan di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (15/6/2022).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku baru mengetahui jika dirinya ditunjuk sebagai Mendag pada pagi hari.

"Penugasannya itu tolong Pak Zul dengan background Pak Zul yang suka turun ke bawah mengerti mikro mengerti retail detail soal pangan ketersediaan dan lain-lain itu diyakini kepercayaan besar dari Presiden," ujarnya.

Baca juga: Sosok 2 Menteri Baru Presiden Jokowi, Hadi Tjahjanto Urusan ATR/BPN & Zulkifli Hasan Mendag

Baca juga: Artis Mantan Karyawati Ini Dilamar Anak Hadi Tjahjanto Menteri Baru Jokowi, Bakal Jadi Mantu Pejabat

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. (Tribunnews.com/Chaerul Umam)

Setelah itu, Zulkifli mendapat undangan sekira pukul 11.00 WIB untuk datang ke Istana Negara. Namun, sebelum pelantikan dia makan bersama dengan tokoh politik lainnya.

"Sampai di sana jam 12.00 WIB, makan siang Ketum ada Bu Mega, ada Surya Paloh, ada Cak Imin, ada Airlangga Hartanto ada Pak Prabowo, ada Pak Harso, lengkap Ketum Partai dan koalisi dan habis itu dilantik selesai," ucapnya.

Presiden Jokowi menjelaskan alasannya memilih Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Zulhas menggantikan Muhammad Luthfi, sementara Hadi menggantikan Sofyan Djalil.

"Ya kita melihat semuanya rekam jejak pengalaman, kemudian terutama untuk skill manajerial, sekarang bukan hanya makro saja, tapi mikronya juga harus secara detail dikerjakan," kata Jokowi.

Untuk Zulhas, Jokowi menyebut Ketum PAN tersebut kaya akan pengalaman dan rekam jejaknya yang panjang.

"Saya kira akan sangat bagus untuk Mendag, karena sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja yang terjun lapangan untuk melihat langsung persoalan yang utamanya berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," kata Jokowi.

Dia memahami bahwa urusan ekspor juga menjadi tugas dari Kemendag.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved