Breaking News:

Karomani Rektor Unila Hanya Apes, Modus Jual Beli Bangku Kuliah Kedokteran Kini Mulai Diusik

Tak hanya Karomani Rektor Unila, modus jual beli bangku kuliah kedokteran dari dulu sudah ada kini mulai diusik.

Editor: Candra Isriadhi
KOMPAS.com/Syakirun Ni'am dan Dok Unila
Rektor Universitas Lampung Karomani. Dari dulu sudah ada, modus jual beli bangku kuliah kedokteran kini mulai diusik. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Tak hanya Karomani Rektor Unila, modus jual beli bangku kuliah kedokteran dari dulu sudah ada kini mulai diusik.

Jual beli kursi kuliah sejak dulu memang sudah terjadi tak hanya di Universitas Lampung saja.

Namun, kini tampaknya praktek curang tersebut mulai diusik dan diberantas aksinya.

Kasus suap penerimaan mahasiswa baru agar bisa masuk dan diterima di Fakultas Kedokteran Unila yang kini terungkap dan melibatkan Rektor Unila Karomani ternyata bukan barang baru.

Kasus jual beli bangku kuliah Fakultas Kedokteran Unila yang melibatkan Rektor Unila Karomani dan baru saja diungkap KPK, ternyata juga pernah terjadi pada 2017 silam.

Hanya saja, kali ini KPK berhasil mengungkap keterlibatan Rektor Unila Karomani dan juga sejumlah pejabat lain pada proses jual beli bangku kuliah Fakultas Kedokteran Unila.

Pada kasus 2017 silam, seorang dosen Fakultas Hukum Unila terseret ke pengadilan karena menjanjikan seseorang bisa kuliah Fakultas Kedokteran dengan menyetor uang.

Baca juga: 3 Dugaan Suap Ferdy Sambo, Dilaporkan ke KPK, Petugas Keamanan Dibayar Rp 150 Ribu Usai Lakukan Ini

Baca juga: DULU Terjerat Korupsi Rp 500Juta, Artis Kini Pilih Jual Gado-gado, Pamer Tetap Cantik, Wajah Glowing

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim melantik Prof Dr Karomani, MSi sebagai Rektor Universitas Lampung (Unila) periode 2019–2023 di Gedung Kemendikbud lantai 3 Jakarta, Senin (25/11/2019). Rektor Unila Karomani ditangkap petugas dalam OTT KPK di Lampung dan Bandung pada Sabtu 20 Agustus 2022 dini hari.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim melantik Prof Dr Karomani, MSi sebagai Rektor Universitas Lampung (Unila) periode 2019–2023 di Gedung Kemendikbud lantai 3 Jakarta, Senin (25/11/2019). Rektor Unila Karomani ditangkap petugas dalam OTT KPK di Lampung dan Bandung pada Sabtu 20 Agustus 2022 dini hari. (Dok. Unila)

Pihak Rektorat Unila kala itu membantah keras perihal jual beli bangku kulian di Fakultas Kedokteran Unila dan menyatakan bahwa praktik jual beli bangku kuliah tidak mungkin ada di Unila.

Dalam sidang, saksi mengungkap keluarganya rela mengeluarkan uang agar adiknya berinisial Y bisa masuk Fakultas Kedokteran Unila.

"Kami yakin karena dia (terdakwa) berani bertaruh jabatannya sebagai PNS (pegawai negeri sipil). Kalau tidak masuk, dia janji uang dikembalikan 100 persen. Kami juga dipersilakan melapor (ke polisi)," bebernya.

Ayah Y, mengaku menggelontorkan uang total Rp 350 juta, dengan pembayaran secara bertahap sebanyak tiga kali.

"Pertama, Rp 55 juta. Kemudian, Rp 120 juta. Terakhir, berbentuk buku tabungan sebesar Rp 175 juta. Itu tahun 2017," ungkap Richard saat bersaksi.

"Tapi, (Y) ternyata tidak masuk. Dia (terdakwa) baru kembalikan buku tabungan isi Rp 175 juta dan uang Rp 65 juta yang dia bayar tiga kali," sambungnya.

Dalam surat dakwaan, Jaksa Penuntut Umum menyebut terdakwa W telah melakukan aksi menguntungkan diri dengan melakukan penipuan. JPU Rita menjelaskan, peristiwa terjadi pada Mei 2017.

Baca juga: Profil dan Instagram Brigita Manohara, Presenter Cantik yang Viral karena Terima Uang Hasil Korupsi

Baca juga: Dipecat dari Polri, Perjalanan Kasus Raden Brotoseno, Tersandung Kasus Korupsi, Dinilai Berprestasi

Rektor Universitas Lampung Karomani saat hendak dibawa ke rumah tahanan (Rutan) Komisi Pmberantasan Korupsi (KPK) setelah ditetapkan sebagai tersangka suap terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, Minggu (21/8/2022).
Rektor Universitas Lampung Karomani saat hendak dibawa ke rumah tahanan (Rutan) Komisi Pmberantasan Korupsi (KPK) setelah ditetapkan sebagai tersangka suap terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, Minggu (21/8/2022). (KOMPAS.com/Syakirun Ni'am)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved