Breaking News:

Al Firdaus, Sekolah Terbaik Solo, Bersaing dengan Al Azhar, Al Abidin dan SMP IT Nurhidayah

Al Firdaus, sekolah terbaik di Solo, bersaing dengan Al Azhar, Al Abidin dan SMP IT Nurhidayah dan Sekolah Al Azhar Syifa Budi Solo.

TribunSolo.com/ Eka Fitriani
Al Firdaus World Class Islamic School di Jalan Yosodipuro, Kota Solo. Sekolah bertaraf internasional terbaik di Solo, bersaing dengan Al Azhar, Al Abidin, SMP IT Nurhidayah dan Al Azhar Syifa Budi Solo. 

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Dunia pendidikan bertaraf internasional di Solo Raya semakin menggeliat, salah satu yang terbaik adalah Al Firdaus World Class Islamic School di kawasan Jalan Yosodipuro Nomor 56, Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta untuk jenjang sekolah dasarnya.

Sementara Al Firdaus World Class Islamic School untuk prasekolah berada di Jalan Yosodipuro Nomor 107, dan untuk jenjang SMP-SMA berada di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Menyandang predikat sekolah bertaraf internasional terbaik, Al Firdaus bersaing ketat dengan penyelenggara pendidikan lainnya di kota Solo, antara lain Sekolah Al Azhar, Al Abidin, SMP IT Nur Hidayah dan Sekolah Al Azhar Syifa Budi Solo.

Sekolah Al Firdaus sendiri menghadirkan jenjang pendidikan terlengkap mulai dari Play Group, TK, SD, SMP, hingga SMA. Lantas apa yang menjadi rahasia Al Firdaus sehingga masuk dalam daftar sekolah terbaik di Solo?

Syeikh Yousef Aldous tatkala mengunjungi Yayasan Al Firdaus. Al Firdaus World Class Islamic School berhasil menyandang predikat sekolah internasional terbaik di Solo Raya. (TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO)
Syeikh Yousef Aldous tatkala mengunjungi Yayasan Al Firdaus. Al Firdaus World Class Islamic School berhasil menyandang predikat sekolah internasional terbaik di Solo Raya. (TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO) (TribunSolo.com/ Imam Saputro)

Rupanya, salah satunya adalah pemberlakuan sistem kurikulum merdeka sejak lama, jauh sebelum pemerintah mencanangkannya, hanya saja julukannya saja yang berbeda, namun konsep kurikulum merdeka di Al Firdaus sudah diterapkan sejak berdiri, yang mengedepankan konsep pendidikan berpusat pada anak.

Sistem pendidikan mirip Kurikulum Merdeka itu juga diadopsi Al Firdaus World Class Islamic School berdasar kurikulum International Baccalaureate (IB) Jenewa, Swiss.

Hal ini disampaikan Humas Al Firdaus World Class Islamic School, Imam Subkhan seperti dikutip dari TribunSolo.com.

"Kami sudah berdiri sejak 25 tahun lalu, tepatnya pada 1997. Usia yang matang untuk sebuah lembaga pendidikan yang sejak lahir berkomitmen menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk semua," katanya, Senin (12/9/2022).

"Pendidikan tersebut kami peruntukkan semua siswa, tidak membeda-bedakan, yang berarti pendidikan tidak diskriminatif," katanya.

Tanpa Tes Seleksi, Mengedepankan Assesmen 

Demi mewujudkan hal tersebut, Al Firdaus World Class Islamic School tidak mengadakan tes seleksi masuk sekolah saat pendaftaran siswa.

Hanya saja siswa yang mendaftar akan dilakukan asesmen secara menyeluruh, seperti tes psikologis sehingga profil siswa dengan semua kekurangan serta kelebihan akan terlihat.

Lewat profil tersebut, guru akan mengadakan wawancara terhadap orang tua untuk melihat kemampuan siswa serta membangun komunikasi efektif dengan siswa.

Dengan adanya informasi tentang biodata siswa tersebut, guru bisa memilah program pembelajaran yang tepat ke depannya untuk para siswa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved