BREAKING NEWS Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020 Saat Pandemi Bagaimana Nasib Jamaah Indonesia?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kondisi foto Masjidil Haram di Mekkah tampak Kabah sedang dibersihkan untuk menghindari dari virus corona

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Sempat simpang-siur, Arab Saudi akhirnya putuskan ibadah haji 2020 tetap digelar di tengah pandemi Virus Corona. Bagaimana dengan nasib calon jamaah haji Indonesia?  

Ya, Arab Saudi memutuskan tetap menyelenggarakan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M saat pandemi Covid-19 masih jadi masalah hampir seluruh negara. 

Tetapi, ibadah haji tahun ini hanya dapat diikuti oleh ekspatriat yang telah bermukim di Arab Saudi dengan jumlah sangat terbatas.

Ekspatriat yang dimaksud adalah orang-orang berkewarganegaraan asing yang tinggal atau menetap di Arab Saudi, termasuk orang-orang Indonesia. 

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh dalam informasi yang dibagikan di akun instagram resminya, @kbri_riyadh, Selasa (23/6/2020), menyampaikan terdapat 4 poin yang disampaikan terkait keputusan pelaksanaan ibadah haji. 

Pertama, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk tetap menyelenggarakan ibadah haji tahun ini.

• 4 FAKTA PENTING Ibadah Haji 2020 Batal karena Corona, Termasuk Soal Pengembalian Uang Jamaah

• Haji 2020 Dibatalkan, Prosedur Penarikan Setoran agar Porsi Tak Hilang, Bagaimana Jika Meninggal?

Kawasan Masjidil Haram Mekah yang sempat ditutup karena merebaknya virus corona di berbagai negara (ABDEL GHANI BASHIR/AFP)

Kedua, ibadah haji dapat diikuti oleh ekspatriat yang telah bermukim di Arab Saudi, dengan jumlah yang sangat terbatas.

Ketiga, keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan masih adanya pandemi dan risiko penyebaran virus Corona di seluruh negara.

Keempat, pembatasan jumlah jamaah untuk menjamin keamanan dan keselamatan dengan menerapkan semua langkah pencegahan penyebaran virus Corona demi melindungi setiap orang dari risiko terjangkitnya wabah serta merujuk kepada ajaran Islam yang memprioritaskan keselamatan umat manusia.

Poin-poin keputusan Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini (Instagram @kbri_riyadh)

"Yth. Bapak Ibu WNI di Arab Saudi,

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>