Digandrungi di Indonesia, Jamur Enoki Ditengarai Jadi Pembawa Kuman Penyebab Wabah Listeria

jamur enoki

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Siapa yang tidak mengenal jamur enoki?

Belakangan, jamur enoki menjadi primadona di Indonesia terutama dalam masakan Korea atau pun Jepang.

Namun, kali ini jamur enoki ditengarai sebagai penyebab munculnya wabah listeria sebagai pembawa kuman.

• MUI Nilai Ada Pertentangan Sikap Pemerintah Hadapai Wabah Virus Corona, Bandingkan Masjid dan Mall

• Tak Kalah Viral dari Dalgona Coffee, Resep Mudah McFlurry Oreo Ala McD Cuma Pakai 3 Bahan Simpel

Listeria adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman Listeria monocytogenes. Orang yang terkena listeria biasanya usai menyantap makanan yang telah terkontaminasi kuman tersebut.

Penyakit ini terutama menyerang perempuan hamil, bayi baru lahir, orang tua berusia 65 tahun ke atas, dan orang yang punya sistem kekebalan tubuh lemah, dikutip dari situs resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat.

Pada Maret 2020 Ministry of Food and Drug Safety Korea Selatan menemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki produksi dua perusahaan asal Negeri Ginseng itu.

Selain itu, CDC juga menarik produksi jamur enoki dari dua perusahaan tersebut setelah melakukan penelitian dan ditemukan adanya Listeria monocytogenes, seperti melansir situs resmi CDC.

Melansir situs Specialtyproduce.com, jamur enoki dibudidayakan di Jepang, Korea, dan China. Dijadikan bahan masakan dan obat tradisional. Lantas bagaimana asal-usul jamur enoki?

Tumbuhan liar yang dibudidaya

Ilustrasi jamur enoki atau enokitake yang tumbuh di area gelap yang kaya karbon dioksida. (SHUTTERSTOCK/LEVENTE IMRE TAKACS)
Enoki adalah jamur berbentuk cenderung kecil, batangnya tebal dipenuhi banyak topi jamur.

Jamur enoki punya beragam sebutan, di antaranya enokitake, velvet foot, golden needle, lily mushroom, enoko-take, jingu (di China), nam kim cham (Vietnam), dan paengi beoseot (Korea).

HALAMAN 2 >>>>>>>>>>>

Editor: Salma Fenty Irlanda

Berita Populer