Penampilan Kahiyang Ayu di Pelantikan Suami Dipuji, Disebut Pintar Memadupadankan, Ini Profilnya

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Reporter : Irsan Yamananda

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Penampilan Kahiyang Ayu mendapatkan pujian dari Desainer senior, Merdi Sihombing.

Menurut Merdi, putri Presiden Jokowi itu berhasil mencuri perhatian saat menemani sang suami, Bobby Nasution dilantik sebagai Wali Kota Medan, Jumat (26/2/2021).

Seperti diketahui, Kahiyang Ayu menggunakan kain Sadum Sipirok dari Tapanuli Selatan berwarna paduan merah dan putih dalam acara tersebut.

"Itu baju kurung dengan menggunakan kain Sadum Sipirok dari Tapanuli Selatan yang dibuat dalam bentuk setelan, jadi pengembangan dari ulos Parompa Sadum untuk keperluan fashion," ungkap Merdi, Jumat (26/2/2021) seperti dikutip dari TribunMedan.

Merdi mengatakan bahwa penampilan Kahiyang sangat anggun.

Kahiyang sendiri menggunakan setelan etnik dari Sipirok ini dinilai sebagai bentuk representatif khas wanita Sumatera.

Baca juga: Gibran Rakabuming & Bobby Nasution Jadi Wali Kota Pertama yang Dikawal Paspampres, Berikut Alasannya

Baca juga: Mengintip Harta Kekayaan Gibran Rakabuming & Bobby Nasution, Keluarga Jokowi yang Jadi Kepala Daerah

Merdi Sihombing (pakai ikat kepala) (HO/Tribun Medan)

"Penggunaan model ini ingin melambangkan benar-benar orang Sumatera. Orang Sumatera ini terutama Tapanuli Utara, Selatan yang memang tradisinya ini penggunaan baju kurung karena kan kita ini Melayu ya. Ini sudah benar sekali dengan merepresentatifkan perempuan dari Sumatera khususnya Sipirok, Tapanuli Selatan," ujarnya.

Terkait kain Sadum Sipirok ini, Merdi menjelaskan, setelan ini sering digunakan saat momen bahagia ataupun dalam acara adat yang menyiratkan rasa bahagia.

"Untuk acara kebahagiaan atau adat. Perempuan Sumatera memang harus pakai bajunya yang baju kurung begini. Bisa dikatakan ini melambangkan kebahagiaan karena bukan hanya dibuat khusus orang Tapanuli, entah dia Toba, Simalungun, Karo. Apalagi saat momentum yang tepat sekali ketika suaminya dilantik menjadi kepala pemerintahan di kota Medan," tutur Merdi.

HALAMAN 2 >>>>>>>