Polisi yang Disebut Gugur dalam Tsunami Aceh 2004 & Ternyata di RSJ Diperiksa DNA, Rekan 'Takut'

Editor: Salma Fenty Irlanda
Foto Baharaka Asep

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Bencana tsunami yang melanda Aceh 2004 silam menjadi yang paling besar sepanjang sejarah Indonesia.

Dalam insiden itulah, seorang polisi bernama Baharaka Asep dinyatakan hilang dan meninggal dunia.

Namun, siapa sangka setelah 17 tahun berlalu, Baharaka Asep ditemukan dalam kondisi mental down di sebuah rumah sakit jiwa.

Ini kisah Baharaka Asep selengkapnya dikutip TribunMataram.com dari Kompas.com dengan judul "Polisi yang Hilang Saat Tsunami Aceh Ditemukan di RSJ, Polda Lakukan Penelusuran"

Seorang pria diduga polisi Baharaka Asep dari Resimen II Pelopor Angkatan 351 99/00 yang dinyatakan hilang pasca-tsunami 2004 lalu kini ditemukan sebagai salah satu pasien Rumah Sakit Jiwa Zainal Abidin Banda Aceh. 

Video pertemuan anggota Polda Aceh yang mengaku seangkatan dengan Asep di Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh viral di media sosial sejak Rabu (17/03/2021).

Tsunami Aceh 2004 (Tribunnews/blogspot.co.id)

Dalam rekaman video berdurasi 00.12 detik itu tampak rekannya terlihat sangat bergembira saat menyampaikan informasi ke rekan polisi seangkatan Letting 351.

"Alhamdulillah Asep Letting kita telah ditemukan, namun pasien yang diduga Baharaka Asep oleh rekannya itu tampak terlihat bingung tanpa ekspresi karena Asep merupakan pasien gangguan jiwa.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejak Rabu siang RSJ Zainal Abidin Banda Aceh, mulai ramai didatangi anggota Brimob Polda Aceh. 

Namun saat Kompas.com ingin mengonfirmasi terkait pria yang diduga Asep, sejumlah anggota polisi yang berada di halaman RSJ menghindar lantaran takut keliru memberikan informasi.

HALAMAN 2 >>>>>>