Virus Corona

SIAP-SIAP Mulai 28 Agustus 2021 Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Wajib Semua Moda Transportasi

Aplikasi PeduliLindungi halaman login

Reporter: Galuh Palupi

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi hal penting yang harus dimiliki untuk memudahkan mobilisasi.

Demi menekan penambahan angka positif Covid dan mengendalikan pandemi, pemerintah menggunakan aplikasi ini sebagai syarat banyak hal.

Setelah syarat untuk masuk mall, kini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) integrasikan aplikasi PeduliLindungi di seluruh moda transportasi sebagai salah satu syarat perjalanan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, penerapan aplikasi PeduliLindungi di semua moda transportasi akan diterapkan pada 28 Agustus 2021.

Halaman utama pedulilindungi.id (Tangkap layar pedulilindungi.id)

Tujuan penerapan aplikasi PeduliLindungi di sektor transportasi, lanjut Budi Karya, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami berharap dengan adanya integrasi aplikasi ini, dapat mengelola mobilitas masyarakat yang menggunakan transportasi publik di tengah pandemi Covid-19," ucap Budi Karya, Selasa (23/8/2021).

Dengan adanya integrasi dengan PeduliLindungi, menurut Budi Karya, maka dapat memonitor pergerakan masyarakat di simpul transportasi seperti terminal, stasiun, bandara dan pelabuhan.

Budi Karya menjelaskan, bahwa telah menginstruksikan hal tersebut kepada jajaran Direktur Jenderal Perhubungan di lingkungan Kemenhub agar dapat dilaksanakan oleh penyelenggara sarana dan prasarana transportasi.

"Selain itu, kami juga meminta seluruh operator atau penyelenggara sarana dan prasarana transportasi baik yang dikelola Kemenhub, Badan Usaha Milik Negara, maupun swasta agar mempersiapkan diri, baik secara sistem maupun prosedurnya," ucap Budi Karya.

Halaman
1234