Akses berita terupdate se-indonesia lewat aplikasi TRIBUNnews

Piala Dunia 2022 Qatar

Paris Tak Tayangkan Piala Dunia 2022 Qatar di Ruang Publik, Sebut Pelanggaran HAM Bukan Conton Baik

Editor: Talitha Desena
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Piala Dunia 2022 Qatar tak akan ditayangkan di ruang publik kota Paris, Prancis

TRIBUNNEWSMAKER.COM - Jelang Piala Dunia 2022 Qatar, kota Paris, Prancis tidak akan menayangkan pertandingan Piala Dunia secara terbuka di kota tersebut.

Misalnya pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 dengan layar raksasa di zona publik kota Paris.

Hal ini karena keprihatinan terkait pelanggaran hak-hak pekerja migran di Qatar dan dampak lingkungan dari penyelanggaraan Piala Dunia 2022 Qatar.

Langkah tersebut mengikuti keputusan sejumlah kota di Perancis lainnya, meskipun Perancis datang ke dalam kompetisi tersebut sebagai juara bertahan.

“Kami memiliki kekhawatiran dengan kondisi lingkungan dan sosial di balik (penyelenggaraan) turnamen ini dan (Piala Dunia 2022 Qatar) bukanlah contoh yang baik dari peristiwa besar yang hendak kami promosikan di Paris,” kata Pierre Rabadan, Deputi Wali Kota Paris untuk Urusan Olahraga, pada Selasa (4/10/2022).

Langkah tersebut diambil meskipun klub sepak bola di kota itu, Paris Saint-Germain, dimiliki oleh Qatar Sports Investments.

Baca juga: Prediksi Skuad Timnas Senegal Piala Dunia 2022 Qatar, Line Up Didominasi Pemain Liga Top Eropa

Baca juga: Brasil Diprediksi Jadi Kandidat Terkuat Juara Piala Dunia 2022 Qatar, Ini Beberapa Alasannya

Meskipun Paris tidak langsung mengkritik Qatar, semakin banyak kota di Perancis menolak untuk memasang layar televisi besar guna menyiarkan pertandingan Piala Dunia karena memrotes catatan hak asasi manusia Qatar.

Arnaud Deslandes, Wakil Wali Kota Lille, mengatakan dengan membatalkan acara nonton bareng Piala Dunia Qatar, kota tersebut hendak mengirimkan pesan kepada badan sepak bola dunia FIFA tentang dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh penyelenggaraan piala dunia di Qatar.

Qatar, negara yang kaya akan minyak, telah mendapat kritik keras dalam satu dekade terakhir soal perlakuan mereka terhadap para pekerja migran, yang kebanyakan berasal dari Asia Selatan, yang dipekerjakan untuk membangun sejumlah stadion bernilai miliaran dollar, jalur metro, jalan raya, dan juga hotel untuk persiapan menuju Piala Dunia 2022.

Fakta-fakta Bola Piala Dunia 2022 Qatar Al-Rihla yang Diproduksi di Madiun

Fakta-fakta Al Rihla, bola Piala Dunia 2022 Qatar (Instagram Son Heung-min dan Adidas Football)

Berikut ini fakta-fakta Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar yang dibuat di Madiun, Indonesia.

Seperti yang diketahui, tiap Piala Dunia memiliki bola resmi yang unik, termasuk Piala Dunia 2022 Qatar dengan Al Rihla.

Jelang Piala Dunia, serba serbi Piala Dunia 2022 memang tengah disoroti publik, selain statistik seperti prediksi skuad timnas negara tertentu.

Al Rihla yang menjadi bola utama dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar rupanya memiliki beberapa fakta menarik.

Halaman
123